LENSAINDONESIA.COM: Sebagai salah satu klub sepakbola top dunia, Chelsea mampu menyedot perhatian dunia karena prestasinya yang luar biasa.

Selama berkompetisi di dunia baik di Inggris maupun Eropa, klub ini telah memenangkan empat gelar Liga Utama, tujuh Piala FA, satu trofi Liga Champions UEFA, dua Piala Winners UEFA, empat Piala Liga, satu Piala Super UEFA, dan satu UEFA Europa. Untuk permainan bola yang seru bisa lihat di bola online.

Dibalik kesuksesan Chelsea dari segi prestasi dan kemenangan di berbagai pertandingan, ternyata ada fakta menarik dari klub yang dikenal dengan sebutan the blues ini.

Berikut beberapa fakta menarik seputar Chelsea FC (Klub Sepak Bola) yang menarik untuk Anda ketahui :

Awal terbentuk

Chelsea pertama kali didirikan pada tahun 1905 di sebuah pub The Rising Sun (sekarang restoran The Butcher’s Hook) dan pertama kali bermain di kompetisi Football League. Penentuan nama Chelsea sendiri ditentukan setelah mempertimbangkan nama lain seperti Stamford Bridge FC, Kensington FC, dan London FC. Namun pada akhirnya, nama Chelsea FC yang dipilih.

Chelsea bermarkas di stadion Stamford Bridge yang awalnya merupakan markas Fulham. Dan hingga saat ini, stadion yang berkapasitas kurang lebih 45 ribu penonton ini menjadi tempat angker para lawan The Blues.

Chelsea dimiliki oleh Roman Abramovich

Sejak 2004 Chelsea telah menjadi salah satu klub sepak bola paling ditakuti di Eropa. Apalagi sejak 2003 seorang miliarder Rusia, Roman Abramovich mengambil alih klub ini. Selama kepemilikannya didampingi oleh manajer yang andal, Jose Mourinho, Chelsea mampu merebut tiga gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions.

Lagu Chelsea FC: Blue Day, Blue Is The Color

Warna biru merupakan identitas penting bagi Chelsea FC. Karena itulah klub ini juga dikenal dengan sebutan The Blues.

Sejak 14 Maret 1905, ketika Chelsea dibentuk, ada pertemuan pub yang dikenal dengan The Rising Sun (sekarang disebut Butcher’s Hook).

Sebelum nama Chelsea FC dipilih, ada beberapa nama lain seperti Stamford Bridge FC, Kensington FC, dan London FC namun akhirnya dipilih nama Chelsea FC. Kemudian gunakan lagu ceria (Theme Song) yaitu Blue Day, Blue Is The Color.

Maskot Chelsea adalah Stamford si Singa

Klub ini memiliki markas berupa stadion Stamford Bridge (berkapasitas 41.841 orang) yang memiliki julukan “The Blues” dan mengenakan kostum “Biru Putih”.

Saat itulah yang memunculkan istilah “Stanford bridge the lion”. Bahkan pada Juli 2005, maskot berbentuk singa ini dicuri oleh dua orang.

Perubahan Logo Chelsea FC

Chelsea juga telah mengganti logonya sebanyak 5 kali sejak didirikan pada tahun 1905. Pada November 2004, logo kelima dibuat dan dianggap paling efektif. Namun pada Mei 2005 juga terjadi perubahan lain pada versi Anniversarry ke-100.

Sejak logo baru ini, penggemar Chalsea telah berkembang pesat dan mereka bangga dengan logo yang saat ini digunakan.

Keith Weller Mematahkan Gol Lawan Hanya Dalam 12 Detik

Jika Anda seorang fanatik Chelsea, pasti Anda tahu bahwa di tahun 70-an ada seorang pemain legendaris Inggris yang mampu mencetak gol tercepat di dunia, yaitu 12 detik. Dia adalah Keith Weller ketika dia menjadi tuan rumah Middleshbourg di Piala Liga 1970.

Pemain Legendaris

Berbicara tentang klub besar dan sukses tentunya tidak lepas dari para pemain bintang yang pernah membelanya. Tak sedikit pula pemain bintang yang akhirnya menjadi legenda Chelsea dan namanya akan bertahan di hati para suporter The Blues. Mulai dari Gianfranco Zola, Frank Lampard, Petr Cech, hingga John Terry.

Fans Plastik

Selain dikenal sebagai fans fanatik, fans Chelsea juga kerap disebut Plastic Fans oleh para rivalnya.

Pasalnya, suporter Chelsea kerap membuat ulah dengan membuang sampah plastik berbendera Chelsea di stadion lawan. Misalnya saat mereka mengunjungi Anfield (kandang Liverpool) dan membuang banyak sampah plastik di dalam stadion.

Itulah berbagai fakta menarik seputar Chelsea FC, semoga bisa menambah wawasan bagi anda.@licom/Adv