LENSAINDONESIA.COM: Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang (15), seorang remaja dari Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun yang berhasil meraih Predikat sebagai Dalang Terbaik di ajang Festival Dalang Bocah Virtual Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat pada 7 – 16 November 2020 lalu.

Dalam festival tersebut, Putra dari pasangan Rudy Erlambang dan Eni Lestari ini berhasil menyisihkan sejumlah peserta lain dari berbagai daerah di indonesia untuk kelompok kategori B (usia 12 – 15 tahun).

Saat ditemui di rumahnya, Kamis (11/3/2021), Nabil mengaku senang berhasil meraih predikat sebagai dalang cilik terbaik tingkat nasional, karena tidak mudah untuk mendapatkan prestasi tersebut.

Kepada Lensaindonesia.com, siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Madiun tersebut mengatakan cukup banyak kesulitan yang dialaminya selama belajar menjadi seorang dalang.

“Yang paling sulit adalah belajar membedakan suara tokoh wayang satu dengan yang lainnya, apalagi ketika harus membuat suara tokoh wayang perempuan,” ucap Nabil. “Berkat dukungan penuh dari orangtua dan keluarga, akhirnya saya bisa melewati kesulitan-kesulitan itu,” tambahnya.

Berbicara mengenai kemampuan mendalangnya, selain karena ketekunan dalam berlatih, darah seni memang sudah mengalir di dalam diri Nabil. Terlahir dari keluarga seniman pewayangan, kakeknya yang bernama Mbah Sakri dikenal sebagai dalang kondang asal Madiun, sedangkan neneknya seorang pesinden.

Nabil sendiri sudah diperkenalkan oleh orangtuanya dengan dunia pewayangan sejak kelas II SD. Tak hanya itu, Nabil juga memiliki tempat khusus di rumahnya untuk melatih kemampuannya sesering mungkin.

Sebelum memperoleh predikat sebagai dalang cilik terbaik tingkat nasional tersebut, Nabil telah banyak mengukir prestasi yang tak kalah cemerlang, seperti :

  • Juara 1 Pengendang di ajang Lomba Karawitan Anak Tingkat Kota Madiun – 2016.
  • Juara 1 Lomba Dalang Anak Tingkat Kota Madiun – 2017.
  • Berhasil Masuk dalam Predikat 10 Penyaji Terbaik di ajang Festival Dalang Bocah Se-Jawa Timur – 2018.
  • Juara 1 Lomba Dalang Remaja Tingkat Kota Madiun – 2018.
  • Masuk dalam 5 (Lima) Dalang Sabet Terbaik di Festival Dalang Bocah Se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur – 2018.

“Seakan tak percaya, dulu waktu masih balita, anak saya ini sering ketakutan kalau mendengar suara gamelan. Tapi sekarang dia malah menjadi pengendang dan dalang, sampai mendapatkan banyak prestasi dan apresiasi dari berbagai pihak,” Ujar Rudy, ayah Nabil.

Rudy juga menjelaskan bahwa kecintaannya Nabil terhadap dunia perwayangan sangat kuat. Hal ini terbukti dengan kemauan keras anaknya untuk mengumpulkan lembar demi lembar wayang dengan hasil jerih payahnya sendiri.

“Meskipun di rumah sudah ada lima set wayang kulit peninggalan Kakeknya, Nabil tetap berusaha memiliki wayangnya sendiri dari hasil jerih payahnya menjadi dalang,” kata Rudy. “Dengan harga wayang kulit yang cukup mahal, sekarang ini sekitar 10 lembar wayang sudah berhasil dikumpulkan Nabil.” Pungkasnya. @Limad