LENSAINDONESIA.COM: Civitas Akademika Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya memperingati Dies Natalis Poltekbang Surabaya ke-31. Sejumlah rangkaian acara digelar secara online maupun offline. Jika tahun-tahun sebelumnya perayaan Dies Natalis dilaksanakan meriah dengan mengumpulkan banyak massa, kali ini sengaja digelar dengan lebih sederhana.

Hal ini menyesuaikan kondisi Indonesia yang masih dilanda pandemi COVID-19. Meski begitu, tak mengurangi rasa syukur bertambahnya usia politeknik di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan ini.

Direktur Poltekbang Surabaya M Andra Aditiyawarman menyebut usia ke-31 tahun, Poltekbang Surabaya sudah tidak muda lagi. Poltekbang kini memasuki usia matang yang harus terus dipacu produktivitas, tentunya diimbangi dengan capaian yang baik pula.

“Usia Poltekbang ke-31 ini sudah tidak muda lagi. Menuju ke arah dewasa, lebih tepatnya. Maka produktivitasnya untuk kami di manajemen ini harus terus tinggi, dan capaian juga harus baik,” ujar Andra pada lensaindonesia.com, Selasa (16/03/2020).

Dies Natalis kali ini bertema ‘Heading To The Right Direction’ yang diharapkan Poltekbang Surabaya terus berada di jalur yang benar agar bisa mewujudkan dan menjaga Poltekbang Surabaya sesuai visi dan misi, ‘Be First Class Airman’.

“Untuk menuju politeknik yang berstandar internasional harus ada tahapan yang kita lalui. Kita (manajemen) terus memposisikan politeknik ini ke jalur yang benar. Ini sekolah vokasi yang awal berdiri mulai dari balai, menjadi akademi dan saat ini menjadi politeknik. Semua yang kita lakukan untuk menciptakan SDM profesional, kompeten di bidangnya sesuai standar regulasi internasional dan nasional,” tegas dia.

Andra menginginkan para taruna/taruni yang menjadi lulusan Poltkebang Surabaya punya bekal yang cukup untuk bersaing di dunia penerbangan nantinya. Ada tiga poin utama yang menjadi dasar dalam lembaga vokasi ini.

“Tiga poin utama yang harus dimiliki oleh taruna/taruni kita, yaitu skill, knowledge dan attitude. Saat lulus nanti mereka tidak hanya bisa langsung bekerja di bidangnya, tapi juga harus bisa berkiprah dengan kompetensi yang dimiliki. Ini penting di dunia kerja. Mereka tidak hanya siap kerja, tapi juga siap melaksanakan tugasnya di bidang keselamatan penerbangan sesuai dengan ketentuan dan standar yang berlaku,” pesan direktur.

Hal lain, Andra juga berpesan agar semua pihak di Poltekbang Surabaya bisa saling kompak agar sama-sama sanggup melalui masa yang serba sulit di era pandemi COVID-19.

“Untuk semua keluarga besar Poltekbang Surabaya mari kita saling kompak dan menguatkan agar kita semua sanggup melalui masa-masa sulit saat pandemi sekarang ini. Mari terus meningkatkan kompetensi, inovasi untuk pembelajaran para lulusan kita agar bisa diandalkan. Ingat tiga poin utama tadi, skill, knowledge, attitude. Karena ini ciri khas taruna/taruni khususnya di Poltekbang Surabaya,” pungkas mantan Direktur Poltekbang Medan ini.

Rangkaian acara Dies Natalis Poltekbang Surabaya ke-31 antara lain Lomba Inovasi Media Pembelajaran di Era Pandemi, Lomba Kreasi TikTok, Lomba Fashion Show Virtual, Virtual Workshop on International Standard Paper Writing and Publication (IEEE Indonesia Section), Webinar Capaian Kurikulum Melalui Media Interaktif Learning.

Lainnya, Cadet Virtual English Competition (English Comic, Story Telling, Speech, Debate), Lomba Redesign Combination Mark Logo Poltekbang Surabaya, Short Video Competition, Akasa Virtual Run, Istighosah Shalawat dan Santunan Anak Yatim dan diakhiri Sidang Senat Terbuka yang akan digelar pada Rabu (17/03/2021) besok.@sarifa