LENSAINDONESIA.COM: Tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju siap tampil pada Seminar Olahraga Nasional yang digelar Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Rabu (24/03/2021).

Selain ketiga menteri itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Ketua Umum Komite Olimpiade atau National Olympic Committee (KOI/NOC) Indonesia dan Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara juga menyatakan bersedia hadir.

“Kami dari Siwo PWI Pusat merasa bangga atas kesediaan para nara sumber untuk tampil dalam seminar yang mengambil tema ‘Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism dan Tuan Rumah Olimpiade 2032’. Ini menunjukkan kepedulian dan kecintaan besar pada olahraga Indonesia yang menurut Presiden Joko Widodo saat Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 perlu merombak sistem tata kelola pembinaan keolahragaan di Indonesia demi meningkat prestasi dan mengantisipasi perkembangan zaman tentang peran olahraga sebagai salah satu pendongkrak ekonomi nasional dengan mengembangkan sport tourism,” terang Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa dalam keterangan pers di Sekretariat Siwo PWI Pusat, Lt 8 Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Senin (22/03/2021).

Pria asal Bali yang lebih akrab dipanggil Gungde Ariwangsa itu menjelaskan, para pembicara yang siap tampil itu yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda Dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketua KOI/NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Bupati Halsel Usman Sidik.

Seminar akan dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari sekalgus juga membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI yang akan berlangsung pada Rabu dan Kamis di tempat yang sama.

Menurut Gungde, Erick Thohir akan tampil sebagai keynote speaker. Materi dari menteri yang memiliki latar belakang olahraga sangat kuat itu sudah diterima oleh panitia pelaksana seminar.

“Untuk sementara Pak Erick masih dijadwalkan tampil secara virtual mengingat kesibukan beliau yang luar biasa sebagai Menteri BUMN termasuk dalam melaksanakan program vaksinasi di seluruh Tanah Air. Namun melihat latar belakang dan kecintaan beliau pada olahraga, Siwo PWI Pusat masih sangat berharap Pak Erick bisa hadir langsung,” ujar Gungde.

Gungde mengungkapkan, Menparekraf Sandiaga Uno akan hadir langsung. Ini merupakan kejutan karena Sandiaga Uno juga pernah berkecimpung di dunia olahraga sebagai Ketua Umum PP PRSI (Pengurus Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

Diharapkan hadir langsung juga Ketua Umum KONI Pusat dan Bupati Halsel yang akan memaparkan persiapan daerahnya menggelar event olahraga bergandengan dengan keindahan destinasi wisata di daerahnya.

Selain sebagai perwujudan dari imbauan Presiden Jokowi, seminar juga sangat tepat dalam kaitannya dengan kampanye Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Di sini dukungan BUMN dan sport tourism memiliki peranan penting untuk mengangkat keindahan alam dan budaya Indonesia melalui olahraga sehingga dukungan akan mengalir.

Selain itu, Menpora tentu juga sudah memiliki program tentang kebijakan untuk sukses olahraga prestasi dan wisata olahraga. KONI Pusat bisa menampilkan perannya dalam mengangkat prestasi olahraga Indonesia untuk sukses prestasi di Olimpiade 2032. KOI sebagai leader kampanye olahraga Indonesia di forum internasional bisa menampilkan langkah yang telah dan akan dilaksanakan.

Pada bagian lain, seminar juga bisa memberikan masukan berkaitan dengan penyusunan Grand Design Olahraga Nasional serta rencana revisi Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN No 3 Tahun 2015).

“Dari sini kita harapkan lahir usulan tentang peran perusahaan BUMN terhadap olahraga nasional yang sebelumnya sudah pernah terjalin mesra dengan program Bapak Angkat. Kami harapkan, peranan Pak Erick sebagai tokoh olahraga nasional dan internasional akan bisa memberikan peran yang tepat BUMN dalam berkiprah di olahraga nasional,” imbuhnya.@fredy