LENSAINDONESIA.COM: Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Jawa Timur mengundur jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) dari tahun 2021 menjadi 2022. Pemunduran jadwal ini dengan alasan pandemi COVID-19 masih terjadi di Indonesia.

Dalam suratnya tertanggal 22 Maret 2021, PWI Jawa Timur menegaskan kesediaan Jawa Timur sebagai tuan rumah Porwnas. Surat pengunduran tersebut diterima Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI di Hotel Pullman, Jakarta, 24-25 Maret 2021.

Dalam surat tersebut disebutkan sesuai arahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa tentang Porwanas, poin-poin pentingnya di antaranya, Pemprov dan PWI Jatim tetap berkomitmen sebagai tuan rumah Porwanas. Pemprov dan PWI Jatim, berkonsentrasi mengatasi pandemi COVID-19, terutama memaksimalkan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh warga Jatim, khususnya rekan-rekan wartawan dan media massa di Jatim.

Kemudian, Pemprov dan PWI Jatim berpandangan bahwa pelaksanaan Porwanas harus menjamin keamanan dan keselamatan fisik serta jiwa wartawan dan keluarganya.

“Kami sudah bekerja keras untuk mempersiapkan Porwanas pada 2021. Tapi, situasi pandemi yang masih tinggi, Jatim memohon pelaksanaannya digeser menjadi 2022. Jatim tetap berkomitmen sebagai tuan rumah, karena sudah banyak anggaran yang kami keluarkan,” kata Ketua Siwo PWI Jatim Erwin Muhammad.

“Alhamdulillah, Rakernas SIWO PWI 2021, Kamis (25/3/2021) sudah memutuskan dan menetapkan Porwanas diselenggarakan 2022, insyaAllah akan membuahkan pergelaran sesuai harapan keluarga besar wartawan seluruh Indonesia yang tergabung dalam organisasi kewartawanan PWI,” kata Ketua SIWO PWI Jatim, Muhammad Erwin pada saat membuka Rakernas SIWO.

Permohonan tersebut diterima dalam rakernas Siwo PWI yang diikuti 23 pengurus Siwo PWI se-Indonesia dari 34 Provinsi. “Kami setuju dengan penundaan pelaksanaan Porwanas,” ujar Gafar, ketua Siwo PWI Sulawesi Tenggara

Diketahui , PWI Jatim menjadi tuan rumah Porwanas 2021 setelah PWI Papua yang mengundurkan diri karena permasalahan administrasi dan teknis.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan dukungan kepada PWI Jatim untuk menjadi tuan rumah Porwanas ini. Karena itu, PWI Jatim dalam rapat pleno diperluas sekaligus koordinasi dengan SIWO PWI Jatim melakukan terus melakukan koordinasi dengan SIWO PWI Pusat dan SIWO PWI Provinsi lain.

Walhasil, pada saat Rakernas SIWO PWI 2019 di Lampung, Tim PWI Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur diwakili Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Jatim Aries Agung Paewai, memaparkan kesiapan PWI Jatim dengan dukungan penuh Pemprov Jatim guna menggelar Porwanas 2020 di Malang Raya dan satu cabang olahraga yaitu bowling di Surabaya.

Sementara itu, Rakernas menyetujui dan menetapkan PWI Jatim tuan rumah dengan berbagai saran dan masukan SIWO PWI seluruh Indonesia. Termasuk kesepakatan dan keputusan menetapkan jumlah cabang olahraga maupun kegiatan bersifat karya jurnalistik serta mengenalkan keunggulan Jawa Timur tentang destinasi wisata juga lainnya lebih dekat.

Rakernas SIWO PWI 2020 bersamaan dengan HPN 2020 di Banjarmasin Kalimantan Selatan, kembali meminta laporan kesiapan PWI Jatim dengan memaparkan seluruh kesiapan lebih detail.

Tim PWI Jatim dengan dukungan dari Pemprov Jatim, termasuk Dinas Pemuda dan Olahraga, langsung dipimpin Kadiapora Drs Supratomo M.Si, kembali menyampaikan perencanaan Porwanas 2021 dengan detail.

“Alhamdulillah semua setuju dan menerima dengan gembira ria, insyaAllah bertemu di ajang Porwanas 2020 dengan penuh sportivitas juga kekeluargaan sangat tinggi,” ujar Kadispora Drs Supratomo M.Si.

Bersamaan dengan masa pandemi COVID-19 semakin massif, bahkan Provinsi Jawa Timur sempat memimpin dengan kasus terinfeksi positif tertinggi pada Juni-Juli 2020, dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan pembatasan kegiatan dan aktivitas masyarakat mengalami larangan.

Imbas dari masa pandemi COVID-19, bukan hanya Porwanas 2021 Jatim tertunda, PON XX Papua juga tertunda, event lebih akbar Olimpiade Tokyo juga tertunda. Dan pembicaraan Porwanas masih dipersimpangan jalan, lanjut tahun 2021 terlalu riskan. Juga kurang empati dengan suasana masa pandemi.

Dengan perhitungan vaksinasi massal secara nasional mampu menyelesaikan setiap hari 500 orang, tetap saja tahun 2021 kalau membuat kegiatan bersifat nasional dan terbuka, masih belum bisa maksimal. Juga masih sangat mengkhawatirkan.

Dalam persiapan SIWO PWI Jatim mengikuti Rakernas SIWO PWI Pusat 24-25 Februari 2021, hasil koordinasi dan konsultasi dengan Gubernur Khofifah pada tanggal 13 Februari 2021, alhamdulillah mendapat pencerahan sangat luar biasa, dalam rangka menjaga Marwah Porwanas terutama menjaga kesehatannya dan keselamatan peserta dan keluarga besar PWI secara nasional.

Berdasarkan pertimbangan menjaga Marwah Porwanas, maka Ketua PWI Jatim secara resmi berkirim surat ke Ketua PWI Pusat.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari, sebagaimana disampaikan Ketua SIWO PWI Jatim, Muhammad Erwin pada saat membuka Rakernas SIWO menyampaikan surat dari Jatim dan diminta dibahas dan diputuskan sesuai dengan tertib organisasi PWI serta menjaga nafas demokrasi kebangsaan secara musyawarah mufakat.

Inti dari surat itu, bahwa PWI Jatim ingin menyampaikan informasi dan penegasan tentang rencana kegiatan Porwanas PWI. Dimana setelah pada hari Sabtu, tanggal 13 Maret 2021, di kantor Pemprov Jatim, di Jalan Pahlawan Kota Surabaya, pengurus PWI Jatim bertemu dan beraudiensi dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa tentang Porwanas.@fredy

Berikut poin-poin penting arahan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa terkait Porwanas:

1. Pemprov dan PWI Jatim tetap berkomitmen sebagai tuan rumah Porwanas PWI
2. Pemprov dan PWI Jatim memohon dan berharap kepada pengurus PWI Pusat dan SIWO PWI Pusat agar perhelatan Porwanas dijadwal ulang dan digelar pada tahun 2022 mendatang
3. Penjadwalan ulang kegiatan Porwanas, karena Pemprov Jatim berkonsentrasi mengatasi pandemi Covid-19, terutama memaksimalkan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh warga Jatim, 
khususnya rekan-rekan wartawan dan media massa di Jatim.
4. Pemprov dan PWI Jatim berpandangan bahwa pelaksanaan Porwanas harus menjamin keamanan dan keselamatan fisik serta jiwa wartawan dan keluarganya. Karena itu, penanganan Covid-19 harus diprioritaskan penyelesaiannya secara tuntas. 
5. InsyaAllah penanganan Covid-19 diperkirakan pada tahun 2022 mendatang, terutama vaksinasi, telah menyentuh sebagian besar warga Jatim dan Indonesia.
6. Pemprov Jatim saat ini sedang berkonsentrasi melakukan pembangunan dan pembenahan sejumlah titik di kawasan Malang Raya dan Taman Nasional Bromo Semeru (TNBS), yang  diproyeksikan untuk bisa mendukung kelancaran dan kesuksesan perhelatan Porwanas tahun 2022 mendatang.