LENSAINDONESIA.COM: Kraton Kasunanan Surakarta Hadingrat menggelar kegiatan bersih-bersih Kraton, Minggu (28/3/2021). Diikuti oleh sejumlah keluarga, kerabat dan ratusan abdi dalem, kegiatan ini diawali dengan upacara adat yang dipimpin langsung oleh GKR. Pakoe Boewono, kemudian doa bersama oleh Ulama Kraton Surakarta. Selanjutnya, dilakukan pembagian tugas di depan Kori Kamandungan.

Digelarnya kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan dan mengecat ulang bangunan-bangunan kraton di beberapa titik lokasi. Beberapa lokasi tersebut antara lain area Pelataran, Bangsal Smarata, kawasan Kori Kamandungan, Supit Urang, Siti Hinggil, Museum Kraton Surakarta, Pagelaran, Alun-alun Lor, serta Tugu Pemandengan yang berada di depan Balai Kota Surakarta.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun kemarin, yang dihadiri Bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Muspida Jawa Tengah, serta Bapak Walikota, Muspida Kota Surakarta, beserta tokoh masyarakat,” tutur KGPH. Adipati Dipokusumo, Pengageng Parentah Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Adik SISKS. Pakoe Boewono XIII tersebut berharap kegiatan ini dapat menjadi sebuah proses pelestarian, pengembangan, pemanfaatan Kraton Kasunanan Surakarta. Dengan demikian, ketika kondisi kehidupan masyarakat sudah normal kembali, aset ini dapat dimanfaatkan bagi kehidupan masyarakat.

Dalam kegiatan yang dihadiri langsung oleh Raja Kraton Surakarta, SISKS. Pakoe Boewono XIII tersebut juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surakarta. Selain itu, Kraton Surakarta turut melibatkan pihak Kepolisian serta Banser guna menjaga lancarnya kegiatan ini. @LI Solo Raya