LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota Blitar menggelar rapat Penekanan Tugas Percepatan Input Data Indikator Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) di Ruang Sasana Adi Praja, Selasa (30/03/2021).

Rapat evaluasi bersama Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak diadakan dalam rangka penilaian Kota Layak Anak 2021.

Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd menyampaikan, meski Kota Blitar telah meraih 4 kali berturut-turut meraih perdikat sebagai kota layak anak kategori Pratama dan Madya, namun skor Kota Patria ini perlu terus ditingkatkan.

“Predikat tingkatan pratama itu sudah kita peroleh selama dua kali. Untuk tingkatan Madya juga sudah kita peroleh dua kali, sekarang Kota Blitar harus mencapai tingkatan Nindya dalam KLA,” kata  Santoso saat membuka rapat.

Agar target KLA tingkat Nindya bisa tercapai, Santoso menyatakan perlu adanya penekanan tugas kepada anggota gugus tugas KLA untuk bekerja lebih ekstra. Sebab, Untuk mencapai tingkatan Nindya KLA. Skor yang harus diperoleh adalah antara 700 sampai 799.

Santoso mengakui bahwa karena skor yang dicapai Kota Blitar ini baru mencapai standar karena baru klasifikasi predikat pratama.

“Terima kasih sudah di tunjukan data apa adanya. Melihat skor yang dicapai hari ini kita masih mencapai pada klasifikasi pratama, kita sudah dapatkan itu dua kali, begitupun Madya, untuk tahun ini target Nindya harus mampu di capai,” tegas Santoso memberi semangat.


Rapat Penekanan Tugas Percepatan Input Data Indikator Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) di Kantor Wali Kota Blitar.

Dari sisa waktu yang ada ini, Santoso meminta semua persyaratan kota layak anak segera dipenuhi, mulai dari klaster pertama hingga klaster kelima, seperti pemasangan area bebas rokok di beberapa instansi yang belum ada, hingga fasilitas anak di kantor­kantor layanan publik Pemkot Blitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Blitar, Sulistyani menyampaikan, kegiatan evaluasi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan semangat agar anggota Gugus Tugas KLA mampu mengawal Kota Blitar Layak Anak Tahun 2021 dengan baik.

“Kita sudah mendapatkan 4 kali predikat KLA. Tahun ini akan melalui penilaian lagi untuk yang ke lima, saya berharap minimal mampu mempertahankan, terlebih mampu meningkat di kategori Nindya,” Imbuhnya.

PJs. Sekda Kota Blitar, Hermansyah akan memantau dengan sungguh­sungguh untuk mewujudkan harapan Walikota Blitar Santoso dan masyarakat, Blitar Kota Layak Anak pada kategori yang lebih baik lagi.

“Saya tidak mengingatkan kepada rekan­rekan saja, tapi juga mengingatkan diri saya sendiri, dibilang capek semua capek. Namun untuk memujudkan Kota Blitar yang lebih baik terutama buat anak­anak, kita harus kejar kekurangan ini di sisa waktu yang ada ini. Tanggal 1 April pukul 13.00 WIB, kita akan evaluasi lagi sudah sampai mana capaiannya,” tegasnya.@ADV/Sams