LENSAINDONESIA.COM: Apel Kesiapan dalam rangka Pengamanan Kegiatan Paskah 2021 digelar di halaman Polres Madiun Kota, Kamis (1/4/2021) sore. Giat ini guna mengkondisikan petugas dalam memperketat keamanan gereja-gereja yang ada di wilayah Kota Madiun.

Sekitar 530 personil aparat gabungan dari POLRI, TNI, SatPol PP, Dinas Perhubungan, dan Banser diturunkan untuk melakukan pengamanan di beberapa gereja yang ada di kota Madiun. Pengetatan keamanan ini juga karena mengingat terjadinya aksi terorisme bom bunuh diri di Makassar beberapa waktu lalu.

“Mari kita bersama-sama memberikan keamanan dan kenyamanan khusus pada hari Raya Paskah ini, namun yang lebih besar bagaimana memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga kota Madiun dan sekitarnya,” ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H. “Kita jangan lengah dan tetap waspada dengan sekitar,” tambahnya.

Sterilisasi gereja dilakukan satu jam sebelum jemaat hadir untuk ibadah pertama. Bahkan, pihak gereja St. Cornelius yang berada di Jalan Pahlawan kota Madiun membagikan kartu identitas khusus untuk mempermudah pengontrolan dan pendeteksian jemaat yang hadir dalam rangkaian kegiatan perayaan Paskah kali.

“Umat dianjurkan datang sesuai jam yang sudah diberikan oleh Gereja,” ucap Hardi Sastra Atmaja, Ketua Panitia 2 Paskah 2021 Gereja St. Cornelius. @Limad