LENSAINDONESIA.COM: Beberapa waktu belakangan beredar video viral “Kontainer Tabrak Motor di Menganti, Surabaya. Video sendiri beredar melalui berbagai media sosial mulai Facebook, instagram, dan di grub-grub whatsapp.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kota Surabaya, melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, memastikan bahwa video viral tersebut tidak benar adanya alias hoax.

Febri mengungkapkan bahwa Tempat Kejadia Perkara (TKP) kontainer tabrak motor berada Distrik Ben Luc, Provinsi Long An, Vietnam tahun 2 tahun yang lalu.

“Berdasarkan hasil penelusuran, itu tidak benar. Video itu bukan terjadi di kota kita ya. video viral tersebut terjadi di Distrik Ben Luc, Provinsi Long An Vietnam pada 2 Januari 2019 lalu,” jelas Febri saat ditemui di kantornya Sabtu (03/04/2021).

Febri menjelaskan bahwa video tersebut pertama kali beredar di Facebook yang diunggah oleh Fira Ferndika pada 30 maret lalu. Video diunggah dengan caption “Menganti, Surabaya” dan terus tersebar di berbagai media hingga viral.

Menyikapi hal itu, Febri meminta agar masyarakat lebih bijak dan dalam bermediasosial. Apalagi hal itu menyangkut keselamatan warga dalam berkendara.

“Sekali lagi saya tegaskan itu tidak benar. Demi kenyamanan dan keselamatan bersama, saya mengimbau warga tidak serta merta mempercayai postingan yang bermunculan di akun media sosial tanpa mencari tahu kebenarannya,” imbaunya.

Selain itu Febri meminta agar masyarakat tidak tergesa-gesa dalam menyebarkan informasi. Apalagi sebuah informasi yang belum jelas kebenarannya. Hal itu penting dilakukan agar informasi yang tidak benar tidak semakin meluas.

“Mari kita sama-sama memanfaatkan media sosial dengan bijak dan cerdas. Jangan sampai kita terbawa arus informasi yang belum dipastikan kebenarannya,” ajaknya.@budi