LENSAINDONESIA.COM: Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, Indonesia akan menerima kembali 10 juta dosis vaksin Covid-19 di bulan April ini.

Dalam perkembangan hingga saat ini, stok vaksin yang dimiliki dalam negeri ada sebanyak 28 juta dosis. Dari jumlah tersebut, 5 juta telah didistribusikan ke sejumlah provinsi dan kabupaten/kota dan 11 juta dosis lainnya akan didistribusikan pada awal bulan ini.

“Di bulan April kita akan menerima lagi dari Sinovac sebanyak 10 juta dosis,” ujar Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangannya, Minggu (4/4/2021).

Sebelumnya, kebijakan India yang mengembargo vaksin mempengaruhi pengiriman vaksin Astrazeneca ke Indonesia. Penundaan pengiriman diperkirakan hingga Mei 2021.

Dijelaskan Nadia, meski pengiriman vaksin Astrazeneca terganggu, pihaknya optimis masih ada waktu untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan komunal melalui vaksinasi terhadap 181,5 juta orang pada 2021.

Program vaksinasi Covid-19 akan terus berjalan di Tanah Air. Rencananya dalam waktu dekat vaksiasi akan berjalan saat Ramadhan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan sudah mengeluarkan fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun