LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan data jumlah vaksinasi hingga Minggu (4/4/2021) sudah mencapai 8.629.182 penduduk Indonesia disuntuk vaksin dosis pertama.

Jumlah tersebut setelah terdapat penambahan sebanyak 95.760 penduduk dari hari sebelumnya.

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 4.014.401 penduduk mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Target sasaran vaksinasi tahap satu dan dua sebanyak 40.349.049 penduduk.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, prosentasi dalam pelaksanaan vaksinasi dosis pertama mencapai angka 21,33 persen.

“Tentu kita akan terus tambah kapasitas vaksinasi juga sehingga dapat mencapai kekebalan kelompok atau sekitar 181,5 juta penduduk Indonesia mendapatkan vaksinasi,” ujar Nadia.

Oleh sebab itu, Nadia pun terus mendorong semua lapisan masyarakat ikut sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19, terutama para lanjut usia (Lansia) yang rentan atau memiliki resiko tinggi tertular.

“Saat ini kita tahu bahwa baru sekitar delapan persen usia di atas 60 tahun yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19,” ujar Nadia.

“Kita pahami ada beberapa kendala terkait usia di atas 60 tahun untuk mengakses pos-pos pelayanan vaksinasi mungkin dikarenakan masih adanya rasa takut para lansia untuk keluar dari rumah dan melakukan aktivitas di luar rumah,” sambungnya.

Nadia meminta, agar masyarakat yang memiliki anggota keluarganya berusia di atas 60 tahun untuk mengajak para lansia mengikuti vaksinasi. Mereka (lansia) saat ini menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun