LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Blitar Drs. Santoso M.Pd melantik Sjaichul Ghulam sebagai penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Selasa (06/04/2021). Sjaichul Ghulam menggantikan Hermansyah Permadi yang masa jabatannya habis pada 5 April 2021.

Penempatan Drs. Sjaichul Ghulam, MM. sebagai Sekda kota Blitar berdasarkan SK Gubernur Jawa Timur No.821.2/204/2021 tentang penunjukan penjabat Sekda kota Blitar.

Wali Kota Santoso mengatakan, masa jabatan Hermansyah Permadi sebagai Sekda Kota Blitar hanya berlangsung selama 3 bulan. Sehingga, Hermansyah Permadi yang dilantik pada 5 Januari 2021 masa kerjanya harus berakhir pada 5 April 2021.

Karena jabatan Sekda definitif belum ada, akhirnya Gubernur Jatim menunjuk penjabat baru Sekda Kota Blitar untuk menggantikan penjabat lama.

“Hari ini kami lantik penjabat baru Sekda Kota Blitar menggantikan penjabat lama karena masa kerjanya sudah habis. Penjabat baru ini ditunjuk langsung Gubernur Jatim,” kata Santoso di ruang Sasana Praja Pemkot Blitar di hadapan para Asisten dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menghadiri prosesi pelantikan

.Sementara Sjaichul yang sebelumnya menjabat Kepala Bakorwil III Malang dengan wilayah kerja meliputi Kabupaten dan Kota Blitar, dinilai memiliki pengalaman yang dibutuhkan Kota Blitar.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian kepada pak Hermansyah Permadi yang telah banyak membantu mengendalikan roda pemerintahan kota Blitar dengan baik, dan kepada pejabat baru saya sampaikan selamat bertugas mengawal kebijakan pemeritahan ini, saya yakin dengan pengalaman pak Sjaichul Ghulam bisa diterapkan untuk kemajuan pemerintahan disini,” harap Santoso.

Pada acara pelantikan Sekda yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat tersebut, Wali Kota santoso juga menyampaikan banyak kekosongan jabatan Kepala OPD di Pemkab Blitar, sehingga harus ada rangkap jabatan dan harus terisi sebelum 6 bulan masa jabatan Wali Kota.

“Waktu enam bulan adalah jangka waktu yang cukup lama, oleh karena itu kami mendorong ke Pemerintah Pusat untuk mengijinkan Pemkot Blitar bisa mengisi kekosongan itu, agar dinamika pemerintahan berjalan normal di kota Blitar,” tuturnya.

Dalam acara serah terima jabatan dan pelantikan Penjabat Sekda baru pagi itu, Santoso juga menyampaikan amanatnya kepada penjabat baru, agar setelah dilantik, penjabat Sekertaris Daerah untuk segera melakukan koordinasi dengan para Asisten dan kepala OPD.

Tak mau menunggu lama, untuk menindak lanjuti Instruksi wali kota, usai pelantikan Penjabat Sekda Sjaichul Ghulam langsung melakukan koordinasi di tempat yang sama bersama kepala OPD dan Asisten.@ADV/Sams