LENSAINDONESIA.COM: Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin meminta agar pemerintah daerah (Pemda) memprioritaskan pedagang pasar sebagai target sasaran vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk perlindungan komunal dari penularan Covid-19.

Sebab, pasar berfungsi strategis, yang memiliki memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi.

“Mengingat pasar merupakan tempat dengan interaksi dan mobilitas tinggi,” ujar Ma’ruf Amin saat peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4/2021).

“Saya mendorong agar pemerintah daerah aktif juga mensosialisasikan dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada para pedagang pasar sebagai target penerima vaksinasi Covid-19,” tambah Wapres.

Lebih jauh Ma’ruf Amin menjelaskan, bahwa vaksinasi merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan kehidupan saat pandemi kali ini. Dia pun menyampaikan, di dalam Agama Islam masuk dalam fardhu kifayah.

“Itu termasuk fardhu kifayah, artinya itu tidak bisa dicapai kalau tidak semua divaksin. Karena mencegah daripada bahaya itu menjadi kewajiban,” terangnya.

Sebab itu, kata Ma’ruf Amin, vaksinasi bagi pedagang adalah hal yang sangat urgen sebagai upaya mewujudkan kekebalan komunal di pasar.

“Saya ulangi vaksinasi ini harus kita lakukan dalam rangka selain juga menjaga lingkungan pasar tapi juga dalam rangka (mencapai) herd immunity yaitu kekebalan kelompok. Supaya kita terbebas dari Covid-19 yang di target oleh pemerintah harus mencapai 70%/181 juta penduduk. Jadi itu baru tercapai herd immunity,” jelas Kiyai Ma’ruf Amin.

Selain itu, Ma’ruf juga meminta agar warga atau masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan selama pandemi.

Terlebih, kata Wapres, diharapkan juga mematuhi kebijakan penerapan PPKM dan vaksinasi.

“Ini untuk kepentingan kita dan kemaslahatan bangasa Indonesia. Termasuk di pasar ini seperti juga di pasar Tanah Abang dan di mana-mana,” pungkas Ma’ruf Amin.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun