LENSAINDONESIA.COM: Sebuah rumah milik pengusaha gorden di Jalan Kemuning, Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun terbakar, Rabu (7/4/2021) sore.

Menurut keterangan yang diberikan H. Wowon Ridwan (69), pemilik rumah sekaligus korban, kebakaran tersebut berawal ketika dirinya menyalakan kompor gas yang berada di dapur, lalu tiba-tiba api menyambar kompor tersebut dan dengan cepat api bertambah besar.

“Saya mau goreng kerupuk, mungkin gasnya ada yang bocor, kemudian api menyambar,” terang Wowon. “Lalu saya tarik (tabung) gasnya, saya bawa keluar sampai seperti ini,” tambah Wowon sembari menunjukkan luka bakarnya.

Warga sekitar yang mengetahui adanya asap tebal dari rumah korban, sontak mengamankan korban dan segera menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar). Tak lama, 3 unit mobil Damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api yang mulai menjalar ke bagian lain bangunan rumah, serta tumpukan barang-barang yang mudah terbakar di lantai dua.

Anang Dwi Suwiryanto, Kepala Seksi Operasi, Evakuasi, dan Penanggulangan Kebakaran – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Madiun, menjelaskan bahwa diduga kebakaran tersebut terjadi karena kebocoran gas yang mengakibatkan kompor terbakar, lalu merambat ke ruangan.

“Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk api berhasil dipadamkan,” ujar Anang.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.15 WIB tersebut, namun menimbulkan korban luka-luka dan kerugian materiil. Saat berita ini diturunkan, korban luka-luka sedang dalam perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. @Limad