LENSAINDONESIA.COM: Bulan Suci Ramadhan akan dimulai pada pertengahan bulan April mendatang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kelangkaan bahan pokok yang sudah menjadi hal rutin menjelang Ramadhan, tidak terjadi pada tahun 2021 ini. Tidak hanya itu, meski harga bahan pokok tetap mengalami kenaikan, namun masih dalam batas normal.

Ahmad Mustari, Kepala Kantor Cabang Bulog Madiun mengatakan bahwa stok pangan masih mencukupi hingga akhir tahun untuk masyarakat di wilayah kerja Bulog Madiun yang meliputi Kabupaten/Kota Madiun dan Kabupaten Ngawi.

“Ketersediaan stok Bulog mencukupi hingga akhir tahun,” kata Ahmad Mustari kepada Lensaindonesia.com saat ditemui di kantornya, Rabu (7/4/2021) siang. “Jadi, masyarakat jangan khawatir,” tambahnya.

Meskipun tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan kenaikan harga yang tinggi, para pedagang bahan pokok mengeluhkan tentang sepinya pembeli.

“Peningkatan harga dan stoknya biasa-biasa saja, hanya kacang tanah yang naik,” ujar Darmi (58), seorang pedagang sembako di pasar besar Kota Madiun. “Tapi pembelinya yang sepi,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Retno. Pedagang sayur di Pasar Besar Madiun tersebut juga mengeluhkan sepinya pembeli, meskipun stok bahan pokok ada, dan tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

“Semua barang naik, cabai naik, sayuran naik, tapi kenaikannya masih normal,” katanya. “Stok-nya ada, tapi pembelinya yang tidak ada,” keluhnya.

Dari pantauan langsung Lensaindonesia.com, suasana di Pasar Besar Madiun memang relatif lengang. Banyak pedagang yang hanya terlihat duduk-duduk menunggu pembeli di kiosnya masing-masing. @Limad