LENSAINDONESIA.COM: Relawan serta tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Indrapura Surabaya tetap siap siaga untuk mengantisipasi adanya lonjakan pasien COVID-19 saat Ramadhan serta libur panjang Lebaran.

Kepala RSL Kogabwilhan II Laksma dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, kendati saat jumlah pasien yang dirawat di RSL tersisa 40 orang saja, namun pihaknya selalu waspada bila mana sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus COVID-19.

“Karena jumlah personel kita memang tetap jadi tidak takut dengan terjadinya lonjakan. Tapi itu (lonjakan kasus COVID-19) tidak kami harapkan. Kita siap siaga untuk menghadapi segala libur panjang. Habis ini juga di bulan Ramadhan, dilanjutkan libur panjang,” ujarnya Kamis (08/04/2021).

Meski begitu, agar tidak terjadi lonjakan COVID-19, Nalendra berharap besar kepada masyarakat untuk membantu tenaga medis dengan cara menerapkan protokol kesehatan (prokes) di segala tempat secara ketat, saat keluar rumah.

“Kuncinya ada pada masyarakat. Bila masyarakat seperti yang ada di Jawa Timur benar-benar mengerti betapa pentingnya prokes, rasanya kita tertolong. Tetap optimis untuk tidak terjadi seperti di luar negeri ada gelombang ketiga,” tambahnya.

Meski tak diharapkan, andaikata benar-benar terjadi lonjakankasus COVID-19, RSL Kogabwilhan II telah siap dengan alat pertolongan pertama berupa oksigenasi pada pasien yang saturasi (kekurangan oksigen) sewaktu-waktu, baik dalam skala ringan, sedang, hingga berat sekalipun. Selain itu, diketahui di RSL tersebut telah tersedia total 400 bed pasien.

Para Nakes, relawan serta pihak terkait yang turut serta tergabung dalam RSL Kogabwilhan II juga diimbau tetap tenang, tidak panik serta merasa terbebani pikiran saat menangani pasien terpapar COVID-19. Sebab, hal itu diyakini mampu menurunkan tingkat imunitas tubuh.@wendy

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun