LENSAINDONESIA.COM: Tim Anti Bandit Polsek Wonocolo berhasil menangkap pelaku pencurian yang disertai kekerasan dan penyekapan. Pelaku adalah Arif Sugiarto (41) seorang ber-tempat tinggal tidak tetap (t4) yang berprofesi sebagai pengamen.

Kapolsek Wonocolo, Kompol Masdawati Saragih mengatakan, Arif Sugiarto merupakan pelaku pencurian Mujas Sjaroh (60) di Jl Margorejo 3 Surabaya, pada 29 Maret 2021 lalu.

Dalam aksinya pelaku memanjat pagar rumah korban dan masuk melewati jendela dapur yang kebetulan tidak terkunci.

Setelah berhasil memasuki dapur, pelaku mulai mengobok-obok dapur tersebut untuk mencari barang berharga. Namun, korban yang mendengar suara gaduh akhirnya menghampiri dan ternyata aksi pelaku dipergoki.

“Tersangka panik dan langsung memukuli korban, korban akhirnya berteriak minta tolong. Karena takut aksinya diketahui warga, pelaku kemudian membekap mulut korban dan menyekapnya di kamar lantai bawah selama satu jam,” ungkap Masdawati, Jumat (09/04/2021).

Saat berhasil menyekap pemilik rumah, pelaku lantas mengacak-acak isi rumah untuk mencari barang berharga. Namun saat itu pelakuhanya enemukan uang tunai sebesar Rp 400 ribu dan 1 unit ponsel.

Korban juga sempat diancam menggunakan pisau dapur untuk tidak berteriak minta pertolongan sebelum pelaku kabur meninggalkan lokasi.

Di hadapan awak media, Arif yang mengaku memiliki 4 orang anak ini sebelumnya juga pernah melakukan pencurian dan ditangkap pihak Polsek Waru pada 2020 lalu.

“Dua kali (mencuri). Pertama nyuri juga, ditangkap Polsek Waru. Dipenjara 14 bulan,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP terkait tindak pidana pencurian dan kekerasan dengan ancaman penjara paling lama 9 tahun.@wendy