LENSAINDONESIA.COM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember mencatat sebanyak 14 kecamatan di wilayahnya terdampak gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo yang mengguncang Jawa Timur yang berpusat di Malang pada Sabtu 10 April 2021 pukul 14.00 WIB kemarin.

14 kecamatan tersebut diantaranya Patrang, Sumbersari, Sukorambi, Bangsalsari, Panti, Jombang, Wuluhan, Tanggul, Arjasa, Ambulu, Tempurejo, Sumberbaru, Jelbuk, dan Kecamatan Ledokombo.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo menyampaikan, berdasarkan hasil pendataan, ada dititik dampak gempa yang ada di 14 kecamatan tersebut.

“Ada tiga titik yang terdampak gempa di Kecamatan Sukorambi, yakni Desa Klungkung, Karangpring, dan Sukorambi, sedangkan dua titik di Kecamatan Bangsalsari adalah Desa Banjarsari dan Tugusari,” ungkap Heru seperti dikutip Antara, Sabtu malam (10/04/2021).

Kondisi rumah warga di Kabupaten Jember yang ambruk akibat gempa bumi 6,7 magnitudo pada Sabtu 10 April 2021. FOTO: portal jember

Menurutnya petugas melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak ringan, sedang dan berat yang tersebar di 14 kecamatan tersebut, namun sejauh ini tidak ada korban jiwa yang meninggal akibat gempa.

“Data sementara belasan rumah rusak ringan dan belasan rumah rusak sedang, sedangkan rumah yang rusak berat berada di Kecamatan Sukorambi dan Wuluhan,” katanya.

Ia menjelaskan Pusdalops BPBD Jember masih terus melakukan pendataan, termasuk assesment dilakukan dan akan memberikan bantuan bahan material bangunan, sembako dan terpal untuk tempat berteduh sementara bagi para korban yang rumahnya rusak berat dan sedang akibat gempa bumi.


Salah satu rumah warga di Jember yang rusak akibat gempa bumi bumi 6,7 magnitudo pada Sabtu 10 April 2021. FOTO: merdeka/istimewa

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi itu memiliki magnitudo 6,7 kemudian diperbarui menjadi 6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang pada kedalaman 80 km.@LI-13