LENSAINDONESIA.COM: Forum Kader Bela Negara (FKBN) Bakorda Surabaya bekerjasama dengan Dharma Wanita Surabaya dan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, menggelar acara kemanusiaan donor darah dan plasma konvalesen, Sabtu (10/04/2021).

Kegiatan yang dimulai sejak 09.00 WIB di lantai 3 Gedung PMI Surabaya Jl Embong Ploso 7-15 ini turut dihadiri Ketua Dharma Wanita Surabaya, Iis Hendro Gunawan.

Ada 100 peserta yang mendaftar untuk mendonorkan darah dan plasma konvalesennya.

Ketua FKBN Bakorda Surabaya Winardiyono mengatakan, agenda tersebut merupakan implementasi dari program kerja (proker).

“Kegiatan ini merupakan implementasi tiga program kerja, salah satunya yakni kemanusiaan. Kegiatannya bisa setahun dua kali,” terangnya.

Diketahui langkah ini diambil oleh FKBN Bakorda Surabaya, lantaran belakangan ini PMI mengalami kesulitan untuk mencari pendonor darah.

Sedangkan dari 100 peserta yang mendaftar, hanya lolos 75 pendonor setelah melewati uji screening oleh petugas PMI Surabaya.

“Ada 75 orang yang lolos. Diantaranya 74 orang donor darah dan hanya ada 1 yang lolos donor plasma konvalesen,” tambahnya.

Winardiyono berharap, melalui kegiatan ini dapat bermanfaat bagi sesama manusia. Selain itu, peserta yang berhasil melakukan donor diberikan reward berupa satu paket bingkisan.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Surabaya, Iis Hendro Gunawan menambahkan, sinergi ini merupakan tahap awal pelaksanaan Proker FKBN Bakorda Jatim. Sehingga dia berharap, sesuai dengan namanya, FKBN mampu memiliki kesadaran jika Indonesia berada dalam kondisi apapun.

“Kita punya hak dan kewajiban selaku warga negara Indonesia, untuk memiliki kesadaran bela negara. Katena jika punya kesaran itu kita akan gampang. Jadi pada dasarnya bela negara itu kita punya manfaat untuk negara Indonesia kita ini,” pungkasnya.@wendy

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun