LENSAINDONESIA.COM: Polda Jawa Timur menggelar operasi Keselamatan Semeru 2021 yang digelar bersamaan dengan bulan Ramadhan. Operasi yang digelar mulai Senin (12/4/2021) hingga waktu yang belum ditentukan ini mengantisipasi masyarakat mudik dini.

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta mengatakan, operasi ini sebagai bentuk penegasan atas imbauan pemerintah yang melarang masyarakat mudik di Ramadhan 2021 ini.

“Jajaran Polda Jatim beserta TNI dan stakeholder lainnya melaksanakan kegiatan apel dalam rangka Operasi Keselamatan Semeru 2021. Tujuannya sosialisasi terkait kebijakan pemerintah untuk larangan mudik,” paparnya.

Irjen Nico menilai keputusan pemerintah. sangat tepat. Pasalnya, jika berkaca pada Ramadhan dan Lebaran 2020 lalu, tren angka penyebaran Covid-19 melonjak tinggi.

Lonjakan terjadi akibat mobilitas mayarakat di luar rumah sedang tinggi-tingginya, ditambah abai protokol kesehatan.

“Kita ketahui bersama, pasca liburan tahun kemarin, yaitu natal dan tahun baru, kemudian mudik tahun kemarin juga, selesai liburan, angka COVID-19 naik. Sehingga ada asumsi bahwa pergerakan manusia dalam waktu bersamaan akan memperbesar risiko persebaran COVID-19,” imbuhnya.

Tak hanya itu saja, untuk mengantisipasi masyarakat yang bandel, pihaknya menerjunkan ribuan personel gabungan TNI-Polri dan jajaran lainnya.

Nantinya petugas gabungan akan ditempatkan di titik-titik perbatasan Jatim dengan dilakukan penyekatan arus lalu lintas.

“Seluruhnya ada 3.300-an. Kami juga minta bantuan dari TNI AD, AL dan AU yang ada di seluruh jajaran untuk bersama melaksanakan kegiatan ini. Kami sosialisasikan dan edukasi dari sekarang supaya masyarakat mengerti dan melaksanakan program pemerintah. Nah yang kedua, kami akan melakukan beberapa penyekatan,” tambahnya.

Irjen Nico berharap masyarakat dapat membantu bekerjasama untuk mentaati imbauan larangan mudik guna menekan sebaran Covid-19 kembali melambung tinggi.

“Tentunya kami mohon dukungan masyarakat dan mohon memberitahukan sanak saudaranya supaya nanti lebaran tetap di rumah,” pungkasnya. @wendy