LENSAINDONESIA.COM: Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim menggagalkan penyelundupan 3.200 baby lobster atau benur yang dikemas dalam 17 kantong plastik di Pantai Puger, Jember, Kamis (8/4/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Empat tersangka diamankan, yakni AM (25), RM (19), CT (17), FK (21) seluruhnya asal Jember.

Penangkapan bermula saat anggota Polairud melaksanakan giat pemantuan di wilayah Puger, Jember. Saat berada di Kecamatan Wuluhan, petugas melihat ada aktivitas mencurigakan dua orang yang membawa ransel hitam diduga berisi baby lobster.

Dua orang tersebut RM dan CT lantas diberhentikan untuk dilakukan interogasi singkat. Keduanya mengaku jika ribuan benur itu akan dikirim kepada FK.

Anggota kemudian bergerak cepat mencari keberadaan FK dan berhasil mengamankannya.

Namun, setelah dilakukan interogasi FK mengaku baby lobster yang diterima dari RM dan CD sudah dikemas pelaku lain berinisial AM.

Setelah itu petugas menuju ke tempat AM. Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan 17 kemasan kantong plastik berisi baby lobster yang disimpan di dalam box styrofoam putih.

Dari hasil pemeriksaan di tempat AM, dia tak dapat menunjukkan dokumen dan perijinan apapun terkait ribuan baby lobster tersebut.

Guna penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut tersangka berikut barang buktinya dibawa ke mako Ditpolairud Polda Jatim untuk proses pendalaman.

Kasubdit Gakkum AKBP Siswantoro mengatakan, aktivitas ilegal tersebut telah merugikan kekayaan negara yang cukup banyak.

“Penyelundupan yang terjadi di wilayah perairan Jember tersebut merugikan kekayaan negara cukup banyak. Tapi Alhamdulillah berkat kemampuan tim, aksi teesebut berhasil digagalkan,” kata AKBP Siswantoro.

Barang bukti lain yang disita adalah box styrofoam, tabung oksigen hitam, satu bendel plastik bening, satu buah corong biru, plastik dakron, pompa celup, 22 toples bening, tas ransel hitam, empat ponsel dan dua motor tersangka.

Tersangka terancam terjerat pasal 92 jo pasal 26 ayat (1) UU RI 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja juncto UU RI 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU 31 tahun 2004 tentang Perikanan juncto UU RI 31 tahun 2004 tentang Perikanan juncto pasal 55 dan/atau pasal 56 KUHP. @wendy