LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Malang, Sutiaji meminta agar tiga perizinan bagi pelaku usaha mikro dipermudah agar pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 berjalan cepat.

Perizinan yang dikeluarkan melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang itu meliputi Sertifikasi Halal, Merek, dan Uji Nutrisi.

“Semua itu  merupakan wujud komitmen kita bersama dalam rangka menggerakkan UMKM di Kota Malang. Yakni memberikan kemudahan perizinan agar UMKM kita semakin produktif di masa pandemi ini,” ungkap Sutiaji.

Menurutnya, para pelaku usaha mikro perlu mendapat kemudahan pengurusan tiga izin usaha tersebut.

Sebab selama pandemi seperti sekarang ini pelaku UMKM membutuhkan support besar dari pemerintah daerah agar usaha mereka dapat terus berkembang.

Makanya, orang nomor satu di Kota Malang tersebut memberikan perhatian khusus pada kinerja Diskopindag Kota Malang beserta perangkatnya.

“Kedepan, saya berharap Diskopindag dapat terus meningkatkan komitmen guna mendorong pelaku usaha mikro di Kota Malang. Itu dengan memberikan fasilitasi sesuai kebutuhan para pelaku UMKM,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Diskopindag Kota Malang, Muhamad Sailendra ST, MM merespon positif harapan Wali Kota Sutiaji. Dia mengungkapkan fasilitas berupa kemudahan perizinan itu akan segera diberikan pemerintah pada UMKM.

“Kegiatan fasilitasi untuk uji nutrisi, sertifikasi halal, dan merek ini agar produk mereka tersertifikasi. Ini untuk membantu pemasaran produk mereka,” jelasnya.

Kalau sudah tersertifikasi, lanjut dia, paling tidak masyarakat itu percaya, konsumen percaya. Sehingga, pemasaran mereka itu meningkat.

“Semua itu akan meningkatkan produktivitas mereka. Kemudian bisa meningkatkan pendapatan usaha mikro itu. Dampak selanjutnya pertumbuhan ekonomi akan meningkat juga,” pungkas Sailendra.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun