LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan berupaya untuk mengembalikan aset-aset yang dimiliki untuk Pemkot yang saat ini masih berada di pihak ketiga. Yang terbaru Pemkot melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman secara langsung ditandatangani oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Kepala Kejari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi pada Selasa siang (13/04/2021) di Ruang Sidang Wali Kota.

Eri berharap agar penyelamatan aset negara akan semakin masif dilakukan dengan bekerja sama dengan Kejari Tanjung Perak. Mengingat telah banyak aset milik Pemkot yang telah kembali ke tangan Pemkot atas bantuan Jaksa dan Pengacara Negara.

“Alhamdulillah selama ini dengan (bantuan) kejaksaan. Baik Kejaksaan Negeri Surabaya, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Kejaksaan Tinggi Jatim, sudah banyak aset pemerintah kota yang kembali ke Pemkot Surabaya,” jelas Eri usai penandatanganan MoU.

Dengan semakin banyaknya aset yang telah dikembalikan kepada Pemkot oleh Kejari baik Surabaya ataupun Tanjung Perak akan semakin banyak aset yang akan dimanfaatkan demi kepentingan bersama. Seperti, fasilitas umum, fasilitas sosial, hingga lapangan olahraga. Oleh karenanya dirinya sangat berterima kasih kepada Kedua Kejari.

“Banyak aset yang telah kembali telah dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. fasilitas sosial, hingga lapangan olahraga,” urainya.

Saat ini Pemkot memang tengah berupaya mengembalikan aset-aset Pemkot baik yang masih dalam sengketa maupun yang sudah dikuasai pihak lain. Bahkan, ketika aset itu sudah dikuasai pihak lain dan masih dapat dilakukan PK (Peninjauan Kembali) ke Mahkamah Agung (MA).

Eri mengaku intens berkomunikasi dengan Kejari baik Surabaya maupun Tanjung Perak. Dimana ada beberapa aset milik Pemkot Surabaya yang kini sedang diupayakan untuk kembali.

“Insya allah ada beberapa, sudah saya sampaikan kepada Kajari Tanjung Perak. Fainsya allah nanti akan ditindaklanjuti oleh beliaunya,” ungkapnya.@Budi