LENSAINDONESIA.COM: Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan aplikasi layanan perpanjangan SIM berbasis aplikasi, yaitu Sinar (SIM Presisi Nasional).

Peluncuran aplikasi ini disaksikan seluruh jajaran kepolisan wilayah maupun daerah, melalui tayangan media online Zoom pada, Selasa (13/4/2021) kemarin. Di Kabupaten Jombang, peluncuran aplikasi ini diselenggarakan di kantor Satlantas Polres Jombang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan aplikasi SIM Presisi Nasional atau Sinar. Dengan adanya aplikasi Sinar, masyarakat cukup mudah untuk melakukan perpanjangan SIM, hanya melalui gadget bisa mengakses aplikasi tersebut.

“Polri harus mengikuti strategi perkembangan teknologi,” ujar Kapolri, Jenderal Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, dengan kehadiran SIM online ini dapat memberikan pelayanan kepolisian yang humanis. Kemudian juga dapat menghindari kontak antara petugas dan masyarakat untuk menghilangkan penyalahgunaan wewenang.

Karena itu, Kapolri sangat mengapresiasi jajaran Korlantas Polri telah membuktikan penerapan teknologi dalam pelayanan masyarakat setelah adanya ETLE. Dengan mengubah pelayanan kepolisian yang selalu berinteraksi dengan masyarakat, dan hari ini pelayanan SIM bisa diakses dari rumah dan dimana saja.

Adanya Aplikasi SINAR ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Jombang. Bupati Mundjidah yang turut hadir dalam virtual zoom di Kantor Satlantas tersebut mengapresiasi peluncuran aplikasi untuk mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara online.

Bupati Mundjidah mengikuti secara virtual dari Satlantas Polres Jombang bersama sejumlah tokoh. Diantaranya, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen Suharyanto, Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho, dan Dandim 0814 Letkol Inf Triyono.

“Saya mengapresiasi positif peluncuran apilkasi untuk mengurus SIM secara online. Inovasi pelayanan berbasis teknologi yang memudahkan masyarakat dimanapun dan kapanpun ini, tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, Apalagi ditengah pandemi,” kata Bupati Jombang.

Bupati Mundjidah berharap semua masyarakat Jombang bisa memanfaatkan ini. Setelah dilaunching, nanti tinggal mensosialisasikan aplikasi SINAR tersebut. Dengan aplikasi itu, masyarakat tidak perlu datang ke Satpas untuk memperpanjang SIM.

Sementara, Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho, yang juga menghadiri peluncuran aplikasi tersebut mengatakan melalui inovasi ini masyarakat diberi banyak pilihan dan mempermudah segala aktifitas terkait perpanjangan SIM.

“Secara umum ada 3 pilihan yang dapat ditempuh. Selain datang langsung ke kantor sistem administrasi satu atap (Satpas), jasa mobil SIM keliling, serta yang terbaru dapat melalui aplikasi Sinar ini,” jelas AKBP Agung.

Kapolres Jombang menambahkan, selama ini masyarakat diberikan beberapa pilihan saat akan memperpanjang SIM. Ada yang datang langsung ke Satpas dan juga menggunakan jasa mobil SIM keliling.

“Nah, melalui aplikasi Sinar ini nantinya segala bentuk kemudahan akan ditawarkan. Asal semua tahapan dan syarat-syaratnya lengkap. Setelah lengkap baru dapat langsung dicetak secepat kita memesan makanan,” pungkasnya.@licom