LENSAINDONESIA.COM: Yogyakarta, kota yang satu ini sudah kondang di tengah dunia apriwisata domestik maupun mancanegara, Tak dipungkiri, wisata alam di kota gudeg ini banyak diburu. Sebagai referensi bagi para wisatawan yang hendak bepergian menuju kota Yogyakarta, berikut ini beberapa destinasi yang bisa dijadikan sebagai referensi wisata alam di Jogja dan sekitarnya.

1. Bukit Parang Endog

Sudah paham dengan Parangtritis? Nah, di ujung bagian timur Pantai Parangtritis, nampak sebuah landasan Paralayang. Landasan paralayang ini bernama Bukit Parang Endog. Sesuai namanya, di tempat ini pengunjung bisa menikmati Paralayang. Tak usah khawatir jika belum pernah melakukan. Kita bisa terbang bersama seorang instruktur yang berpengalaman. Sudah pasti, berwisata ke tempat ini akan mamkin menikmati indahnya Pantai Parangtritis dari atas Bukit Parang Endog ini.

2. Pemandian Tirta Budi

Bagi yang hobi berenang, sayang kalu melewati Pemandian Tirta Budi. Destinasi ini, bisa menikmati Blue Lagoon, sebutan lain dari Pemandian Tirta Budi ini. Disebut demikian sebab di airnya sangat jernihi sehingga terlihat berwarna kebiruan.

Kolam alami Pemandian Tirta Budi sangat jernih, bahkan disebut-sebut seperti kristal. Selagi berenang dan terjuan bebas di sana, mata kita juga dibuat sejuk dengan pemandangan rimbunnya pepohonan sekitarnya. Di sini pengunjung bisa berenang dan terjun bebas ke air sepuasnya. Pemandian Tirta Budi terletak Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

3. Puncak Becici

Silahkan menuju Puncak Becici. Destinasi yang ada di daerah perbukitan penuh pohon pinus ini belum banyak dikunjungi orang. Tak perlu takut juga, kendati namanya puncak, untuk bisa sampai ke tempat ini, kita hanya butuh berjalan kaki sekitar 15 menit saja di jalan setapak yang ada. Beberapa gazebo yang ada di sana siap untuk kita singgahi jika kita kecapaian.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Siapa bilang kita tidak bisa menemukan padang pasir luas di Indonesia seperti layaknya di Timur Tengah? Di Jawa Tengah, Gumuk Pasir Parangkusumo akan membuat persis seperti berdiri di Timur Tengah.

Di Gumuk Pasir Parangkusumo juga bisa melakukan banya aktivitas. Diantaranya sandboarding, naik kendaraan ATV atau menunggang kuda sewaan.

5. Goa Jomblang

Goa yang satu ini berbeda dari goa yang kita kenal. Sebab goa ini terbentuk akibat amblasnya tanah ke dasar bumi, sehingga membentuk sinkhole. Untuk masuk ke dalamnya saja, kita harus menggunakan satu tali sebagai lintasan. Ya benar, kita akan turun ke bawah, sekitar 80 meter dengan menggunakan tali. Benar-benar akan jadi pengalaman yang mendebarkan, bukan? Tapi jangan salah, setelah melewati itu semua, pemandangan indah dan menakjubkan menunggu kita di sana.

6. Curug Luweng Sampang

Curug atau air terjun yang satu ini konon merupakan Antelope Canyon-nya Joga. Disebut demikian sebab keduanya memiliki ciri yang mirip. Yakni pada dinding batunya yang mempunyai garis horizontal. Dan garis horizontal ini terbentuk akibat aliran air. Namun yang berbeda, Antelope Canyon berwarna kemerahan, adapun Curug Luweng Sampang berwarna hijau kecoklatan.

Air yang mengalir di Curug Luweng berasal dari aliran air Pegunungan Sewu. Kejernihannya membuat kita bisa berenang sesuka hati, sambil menyusuri ceruk dan banyak terowongan tersembunyi yang ada di balik dinding batunya.

7. Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci Cave Tubing. bagi penghobi body rafting dan juga tubing bisa dilakukan di sini. Deras air sungainya sambil menyusuri goa Kalisuci yang dikeliling alam hijau sudah pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Tak perlu takut, kesemua aktivtas ini dijamin aman. Jelas dibekali helm, jaket pelampung, pelindung lutut dan kaki, dan petugas profesional yang akan mendampingi selama di sana.

Demikianlah 7 destinasi wisata alam di Jogja dan sekitarnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk mencapainya, kita bisa menjadikan Jogja sebagai titik awal. Jadi kita tinggal pergi ke Jogja, misalnya dengan pesan Susi Air jika menggunakan transportasi udara, dan lalu berangkat menuju destinasi wisata alam tersebut.