LENSAINDONESIA.COM : Pemimpin Redaksi Tempo.co, Setri Yasra, mendatangi Mapolda Jatim untuk dimintai keterangan oleh pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) terkait penganiayaan dan penyekapan terhadap Nurhadi, Rabu (14/04/2021) malam.

Untuk sesi penyelidikan kali ini, Setri Yasra dimintai informasi seputar penugasan Nurhadi oleh redaksi Tempo pada saat resepsi pernikahan antara anak Angin Prayitno Aji dengan anak Kombes Pol Ahmad Yani di Graha Samudra Bumimoro waktu lalu.

Penyelidikan terhadap Setri Yasra ini berlangsung mulai pukul 12.30 WIB hingga sekitar pukul 19.30 WIB. Selama 7 jam itu, ia dicecar 29 pertanyaan oleh tim penyelidik Mapolda Jawa Timur.
Setri Yasra merupakan saksi terakhir yang dimintai keterangan oleh penyelidik sebelum mereka mulai melakukan gelar perkara.

“Saya sampaikan ke penyelidik bahwa kedatangan Nurhadi ke lokasi tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada Angin Prayitno Aji memberikan hak jawabnya seputar kasusnya yang kini sedang ditangani KPK. Bagi kami, itu adalah upaya untuk menegakkan kode etik jurnalistik. Sebab dalam kode etik disebutkan bahwa wartawan harus membuat berita secara berimbang, cover both side,” papar Setri.

Menurutnya, kedatangan Nurhadi di acara pernikahan itu memang suatu keharusan untuk memperoleh konfirmasi kepada yang bersangkutan guna perimbangan berita (cover both side).

“Jadi dalam hal ini, justru yang dilakukan oleh Nurhadi dengan mendatangi lokasi resepsi adalah hal yang memang harus dilakukan untuk memberikan kesempatan berbicara kepada tersangka,” tuturnya.

Sejauh ini, polisi telah memeriksa dan meminta keterangan dari berbagai pihak, antara lain Nurhadi, saksi mata, redaktur Tempo, Dewan Pers, dan Ketua AJI Surabaya. @wendy