LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para budayawan dan seniman se-Jabodetabek, Senin (19/4/2021). Vaksinasi ini berlangsung di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Sedikitnya 500-an peserta yang berkreasi di bidang musik, film, kesenian tradisional, budayawan lokal, hingga yang tergabung dalam Komunitas Salihara berkumpul menerima suntikan dosis vaksin Covid-19.

Di antara mereka, ada komedian Cak Lontong, musisi Bimbim Slank, Widi Mulia Sunarya, penulis beken Ayu Utami, Polo Srimulat, Edo Kondologit (musisi), seniman lukis Hanafi. Juga aktor Nicholas Saputra, koreografer Hartarti, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah kita bersama-sama dengan para seniman, budayawan, artis, musisi, dari teater, dari seni tradisi semuanya berkumpul di sini untuk divaksinasi. Kita harapkan beliau-beliau semuanya nanti bisa terlindungi dan tidak terpapar oleh Covid, sehingga bisa beraktivitas seperti biasa,” kata Presiden.

Presiden yang datang mengenakan pakaian batik lengan panjang, menyapa akrab para budayawan dan seniman yang tengah menunggu giliran untuk mendapatkan suntikan dosis vaksin.

Kepala Negara juga meninjau jalannya proses penapisan dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada sejumlah peserta, juga yang tengah menerima suntikan dosis vaksin.

“Semuanya tadi berjalan dengan lancar dan kita harapkan semakin banyak yang divaksin akan juga menurunkan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden di antaranya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. @red