LENSAINDONESIA.COM: Buah kurma selalu identik dengan hidangan khas Ramadhan. Berbagai sajian kuliner dengan bahan kurma akan selalu dijumpai di bulan yang penuh berkah bagi umat muslim ini.

Kedai Ketan Punel di Jl Raya Darmo 116, Surabaya, sangat memahami betul bahwa buah bergizi tinggi khas Ramadhan ini layak disajikan untuk mereka yang berpuasa. Tentu saja penyajiannya dengan mengusung ketan sebagai perpaduan kurma.

Memasuki pertengahan bulan Ramadhan, Lensa Indonesia berkesempatan mencicipi kuliner unik di kedai Ketan Punel yang letaknya persis di depan Taman Bungkul dan operasional mulai pukul 16.00-22.00 ini.

Dalam penyajian, ketan kurma berupa ketan ditaburi kelapa parut lalu diberi kuah dari kurma yang sudah dihaluskan. Tak lupa di atasnya diletakkan sejumlah kurma sebagai topping yang masih utuh dengan bijinya.

Sensasi rasanya? Ketan yang gurih dipadu kurma plus kuahnya yang manis, menjadikan kuliner andalan Kedai Ketan Punel saat Ramadhan ini memiliki rasa tersendiri di lidah.

“Bagi saya, ini baru pertama kali saya makan sesuatu yang punel empuk gurih tapi ada manisnya. Pertama saya hanya tertarik mencoba, namun setelah mencicipi, saya maunya nambah lagi dan tak lupa bungkus buat keluarga di rumah,” ujar Lala, salah satu penikmat ketan kurma.

Dara cantik asli Blitar ini menambahkan, ketan kurma adalah makanan yang punya rasa khas yang melekat di lidah. “Enak pasti lah. Karena ada rasa empuk, gurih dan manis jadi satu karena ada kelapa parut dan kuah kurmanya,” tuturnya.

Wahyu Darmawan, pemilik kedai Ketan Punel mengatakan, menu ini memang sengaja dibuat khusus bulan Ramadhan kali ini. “Menu ini sangat khas dan cocok untuk takjil. Menu ini awalnya hanya coba-coba, namun di luar dugaan peminatnya banyak. Bahkan ada yang pesan untuk diantar ke rumahnya. (*/rofik)