LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd bersama Wakil Wali Kota Tjutjuk Sunario memberikan santunan kepada 561 anak yatim piatu.

Penyerahan santunan yatim piatu semester pertama tahun 2021 ini dilakukan di Balaikota Koesoemo Wicitra, Pemkot Blitar, Jumat (23/04/2021).

Wali Kota Santoso menyampaikan, bahwa santunan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah kepada anak-anak yatim piatu. Pemberian santunan ini merupakan kegiatan rutin. Bahkan tahun ini ada peningkatan nilai santunan Ro 600 ribu dan ditambah tunjangan hari raya Idul Fitri sebesar Rp 100 ribu.

“Mulai sekarang uang lebaran meningkat jadi seratus ribu rupiah, yang awalnya lima puluh ribu rupiah. Ini kita berikan tahap pertama sebanyak enam ratus ribu rupiah ditambah uang lebaran seratus ribu dan beberapa kebutuhan sehari-hari. Jadi total nilainya tujuh ratus ribu, semoga mereka gembira dan semangat menjalankan ibadah puasa ini,” ungkapnya kepada lensaindonesia.com usai penyerahan santunan yatim piatu secara simbolik tersebut.

Penyerahan santunan ini dilakukan secara simbolik kepada 60 anak yatim piatu untuk mentaati protokol kesehatan COVID-19.

Wali Kota Santoso mengatakan, santunan anak yatim piatu ini diberikan setiap 6 bulan sekali melalui Dinas Sosial Kota Blitar.

“Bagi anak-anak yang belum menerima santunan jangan khawatir, karena tim dari Pemkot Blitar sendiri akan menyalurkan santunan ke masing-masing penerima santunan melalui yayasan-yayasan yang telah didaftar Dinsos,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Santoso menyampaikan pesan kepada anak-anak yatim piatu tidak patah semangat menjalani kehidupan. Ia juga mendorong para yatim piatu untuk rajin belajar, berdoa dan berdisiplin menjalani kewajibannya agar sukses di masa depan sebagai generasi penerus bangsa.

“Yang penting semangat terus, rajin belajar, berdoa, rajin beribadah dan disiplin. Karena anak-anak inilah generasi penerus bangsa. Semuanya tidak ada yang tahu, anak-anak yatim piatu ini kelak juga akan bisa memimpin Kota Blitar. Semuanya menjadi rahasia dari Allah Subhanahu wa ta’ala,” tukasnya.

Divan Sisalim Tabrani salah satu anak yatim piatu dari dari Jalan Irian Blitar mengaku sangat senang mendapat bingkisan dan saantunan dari wali kota dan wakil wali kota Blitar. Terlabih, bingkisan dan santunan ia terima saat bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah, senang dapat bantuan dan bingkisan hari ini. Terima kasih Pak Wali Kota Blitar,” ucap siswa SDI Kota Blitar itu.@ADV/Sam