LENSAINDONESIA.COM: Bertepatan peringatan dua tahun pemerintahan Maidi – Inda Raya (Mada), Wali Kota Madiun Maidi meresmikan Tugu Patung Garuda Pancasila yang terletak di Bundaran Pasar Spoor (Simpang Tiga Jalan Kompol. Sunaryo dengan Jalan Pahlawan), Kamis (29/4/2021) pagi. Dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kota Madiun, peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan plakat dan membunyikan sirine.

Pembangunan Tugu Patung Garuda Pancasila tersebut memberikan filosofi bahwa Indonesia memiliki kelebihan di keberagamaannya yang terwujud dalam Bhineka Tunggal Ika. Pancasila sebagai lambang Bhineka Tunggal Ika diharapkan mampu menjaga persatuan dan kesatuan yang telah terjaga sejak dahulu kala khususnya di kota Madiun.

Dengan berdirinya Tugu Patung Garuda Pancasila ini Walikota Madiun berharap generasi muda Madiun mampu bersinergi untuk terus memupuk persatuan dan kesatuan.

“Maka generasi muda kedepan juga harus dibawa kesana (menjaga persatuan dan kesatuan),” jelas Maidi.

Maidi berharap Bhineka Tunggal Ika bisa menjadi tolok ukur dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini yang mendasari dipilihnya lokasi penempatan tugu tersebut berada di tengah kota, agar dapat menginspirasi semua orang, tidak hanya masyarakat Madiun, melainkan juga orang yang berkunjung ke Kota Madiun.

“Jadi siapapun yang datang ke Madiun, pasti melihat itu dulu” pungkas Maidi. @Limad