LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menghadiri penyerahan bantuan sembako Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada 1.197 mustakhiq (golongan yang berhak menerima zakat), Kamis (29/4/2021).

Pendistribusian perdana sembako secara simbolis ini bertempat di Masjid Hasanudin, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan.

“Sembako ini dari Baznas Kota Blitar. Baznas Kota Blitar memiliki tugas menghimpun dan menyalurkan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Blitar. Zakat yang diberikan kali ini berupa paket sembilan bahan pokok (sembako) yang nilainya per paket sekitar Rp 150 ribu,” kata Santoso usai kegiatan.

Santoso menyampaikan, karena bertepan dengan bulan Rahamadn, zakat dari ASN ini diberikan dalam bentuk sembako yang dibagikan kepada warga kurang mampu sebanyak 1.197 paket.

Bukan hanya kepada warga kurang mampu, beberapa waktu lalu Baznas Kota Blitar juga menyerahkan bantuan kepada korban terdampak gempa.

Kemudian Baznas Kota Blitar memberikan bantuan gerobak-gerobak untuk berjualan sekaligus modalnya kepada masyarakat guna menumbuh kembangkan ekonomi.

“Ada lagi renovasi yang rumahnya tidak layak huni juga dilakukan. Lalu ada juga bantuan berbentuk beasiswa kepada keluarga yang kurang mampu. Mudah-mudahan nanti setiap bulannya dana yang dihimpun dari ASN baik yang dikelola pemerintah daerah maupun Kemenag Kota ini selalu bisa dihimpun sesuai dengan ketentuan yang ada,” ungkap Wali Kota Santoso.

Dikatakannya, Baznas memang dikelola secara nasional. Sehingga setiap daerah membentuk Baznas. “Tujuannya untuk menghimpun dan menyalurkan dana dari Aparatur Sipil Negara,” pungkasnya.@Sam/ADV