LENSAINDONESIA.COM: May Day atau Hari Buruh Internasional di Kabupaten Blitar diperingati dengan berbuka puasa bersama dan bagi-bagi takjil di Pendopo Kabupaten, Sabtu (01/06/2021).

Dalam menggelar kegiatan ini, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar ini menggandeng elemem serikat pekerja dan perwakilan perusahaan.

Bupati Blitar Rini Syarifah yang hadir bersama Forpimda dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyampaikan, bahwa peringatan May Day kali ini merupakan momentum untuk menekankan pentingnya hubungan yang baik antara pengusaha dan pekerja dalam rangka memulihkan perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19.

“Besar harapan kami antara pengusaha dan pekerja di Kabupaten Blitar dapat terjalin hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan serta terjadinya kondusifitas, sehingga akan tercipta ketenangan dalam bekerja dan berusaha,” tutur Rini dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Pemkab Blitar yang akrab disapa Mak Rini ini menyampaikan, bahwa suasana yang kondusif akan mendorong terwujudnya Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia dan baldatun Thoyibatun warobbun Ghofur.

Sementara itu, Kadisnaker Kabupaten Blitar Haris Susianto mengaku sangat bahagia sebab peringatan May Day tahun ini dilakukan dengan kegiatan buka bersama dan bagi takjil tanpa adanya unjuk rasa di jalanan.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang hadir terutama para buruh yang tidak melakukan demonstrasi pada kesempatan peringatan hari buruh kali ini, acara buka puasa dan berbagi takjil ini juga menjadi ajang silaturahmi dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi COVID-19 segera berakhir agar tidak banyak lagi lapangan kerja yang harus gulung tikar,” ujarnya.

Haris menyampaikan, bahwa di masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini, Pemkab Blitar akan terus mendorong kreativitas dan inovasi kemandirian usaha untuk membangkitkan gairah ekonomi masyarakat.

Di hadapan perwakilan serikat buruh/pekerja dan Pemkab Blitar, Koordinator Cabang BPJS Ketenagakerjaan Blitar menyampaikan pentingnya program jaminan sosial bagi tenaga kerja. Ia berharap, seluruh pekerja di Kabupaten Blitar tergabung menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan yang ditugasi negara sebagai partner para pekerja dalam hal jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua. Karenanya kami sangat berharap kesadaran seluruh pekerja di Indonesia untuk bergabung menjadi keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, baik yang diurus perusahaan maupun yang mandiri,” pesanya.@Sams