LENSAINDONESIA.COM: DPRD Provinsi Jawa Timur menggelar Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dipimpin oleh Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Siti Mukiyarti resmi dilantik menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024 menggantikan KH Kusni yang meninggal pada 26 Januari 2021 lalu.

Dengan disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Jatim lainnya, Ahmad Iskandar, Sahat Tua Simanjuntak, Anik Maslachah serta Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak acara pelantikan digelar dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jatim, Jumat (30/04/2021).

Pimpinan Sidang Paripurna DPRD Jatim yaitu Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas menjadi anggota DPRD Jatim.

“Semoga tetap amanah dan selalu memperjuangkan aspirasi dan hak masyarakat di DPRD Jatim,” kata Achmad Iskandar politisi asal Fraksi Partai Demokrat Jatim.

Dijelaskan, keputusan PAW tersebut berdasarkan usulan PKB Jatim kemudian oleh Pimpinan DPRD Provinsi Jatim dan ditindaklanjuti Surat Gubernur Provinsi Jatim yang kemudian dikirim Mendagri.

“Mendagri menerbitkan keputusan pemberhentian dan pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jatim masa jabatan 2019-2024,” tegas dia.

Untuk posisi alat kelengkapan Dewan (AKD) Siti Mukiyarti akan ditempatkan di Komisi E DPRD Jatim dan Badan Kehormatan (BK).

Ditambahkan Ketua Fraksi PKB Jatim Fauzan Fuadi, PKB telah menetapkan Siti Mukiyarti sebagai pengganti antar waktu (PAW) KH Kusni setelah melalui proses panjang usai 7 hari kepergian KH Kusni, proses pergantian anggota tersebut berlangsung selama 3 bulan. “Perolehan suaranya (Siti Mukiyarti) di bawahnya KH Kusni,” ujar Fauzan.

Fauzan mengatakan bahwa Siti Mukiyarti merupakan anggota PKB dari Dapil Trenggalek. Siti juga aktif sebagai wakil ketua Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Trenggalek. “Semoga bisa semakin mendekatkan muslimat NU di Trenggalek dengan PKB,” jelas Fauzan.

Ditegaskan, tugas khusus yang dibebankan kepada Siti Mukiyarti sebagai anggota DPRD dalah mendekatkan Muslimat NU Trenggalek dngan PKB.

Dengan adanya Siti Mukiyarti, maka jumlah Srikandi Fraksi PKB telah bertambah. “Dari 25 (Anggota Fraksi) kita punya 11 (anggota perempuan) terbanyak di Indrapura,” tujas Fauzan.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2019, PKB mendapatkan dua kursi di Dapil Jatim IX untuk DPRD Jatim. Dapil Jatim IX meliputi Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Pacitan dan Ngawi.

Kader PKB yang lolos ke DPRD Jatim dari dapil ini adalah Kholiq dan KH. Kusni.

Kholiq adalah Ketua DPC PKB Kabupaten Trenggalek. Ia juga mantan Wakil Bupati Trenggalek dua periode. Sedangkan KH Kusni adalah politisi senior PKB, ia terpilih untuk kedua kalinya di DPRD Jatim.

Mantan Ketua PCNU Kabupaten Trenggalek itu meninggal dunia pada usia 76 tahun karena sakit.@sarifa