LENSAINDONESIA.COM: Akses layanan data XL Axiata diperkirakan melonjak hingga 20 persen di momen Lebaran Idul Fitri ,2021.

Sebab sebelumnya, saat memasuki awal Ramadhan, trafik data milik XL Axiata sempat naik 10 persen.

Regional Group Head XL Axiata Jawa Timur, Bali-Nusra dan Sulawesi, Dodik Ariyanto menyampaikan, pihaknya melakukan perbaikan untuk peningkatan kecepatan trafik internet untuk kenyamanan lebih bagi para pengguna. Perbaikan ini sebagai pendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik Lebaran 2021.

“Kami sudah siap. Kebijakan pemerintah melarang mudik saat Lebaran akan jadi arahan untuk memperkuat jaringan,” Dodik saat dikonfirmasi, Jumat (30/4/2021).

Peningkatan kualitas jaringan kali ini secara merata, baik yang ada desa maupun yahg ada do perkotaan.

“Trafik jaringan naik hingga 10 persen selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa dan akan melonjak lagi hingga 20 persen saat masa libur Lebaran,” imbuhnya.

Dodik menjelaskan, untuk Jawa Timur saja, kini XL Axiata sudah menyiapkan lebih dari 18.400 jumlah Base Transceiver Station (BTS) yang melayani 666 kecamatan.

Khusus di Surabaya, XL Axiata memiliki lebih dari 1.500 BTS, sehingga kekuatan jaringan internet diharapkan mampu bersaing dengan yang lain.

“Setidaknya jika terjadi lonjakan trafik data saat Ramadan dan apalagi Lebaran nanti, maka jaringan kami siap bekerja optimal karena didukung oleh perangkat yang memadai” pungkas Dodik.@Rel-Licom