LENSAINDONESIA.COM: Pelaku pendidikan di Kota Madiun menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 di Ngrowo Bening Edupark, Senin (3/5/2021) pagi.

Upacara Hardiknas 2021 tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi, dan dihadiri oleh Wakil Walikota Madiun Inda Raya, Kepala Dinas Pendidikan, sejumlah ASN Pendidikan, serta perwakilan siswa-siswi SD/SMP/SMA Kota Madiun.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Madiun Maidi menuturkan, manajerial dalam pendidikan adalah salah satu faktor utama untuk menjalankan program dengan baik, dan hal tersebut musti dipegang oleh stakeholder pendidikan, baik Kepala Sekolah maupun Dinas Pendidikan.

Selanjutnya sekolah akan dinilai maju atau tidak tergantung banyaknya inovasi dan riset yang dilakukan dan Dinas Pendidikan harus pro aktif turun ke bawah untuk memastikan program berjalan sesuai dengan rule yang ada baik SD, SMP, SMA maupun secara sarana dan prasarana.

Selain itu, Maidi menekankan agar semua ASN khususnya para pendidik untuk selalu taat prokes dan membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. Imbauan tersebut terlontar seiring dengan beberapa ASN yang terkena covid 19.

“Kalau Kepala Sekolah kena Covid berarti tidak taat prokes,” tegas orang nomor satu di Kota Madiun tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati, S.Pd., M.Pd. mengatakan, momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dapat menjadi semangat baru bagi para pendidik dan anak didiknya yang setahun terakhir mengalami kevakuman akibat pandemi Covid-19.

“Kita berharap bahwa pendidikan di Kota Madiun ‘well being’ sehingga anak-anak mudah menyerap ilmu yang di dapat dan terciptanya generasi emas yang berkarakter,” terang Lismawati. “Kita telah terapkan outdoor learning sebagai pembuka awal pendidikan untuk menyambut pembelajaran tatap muka,” tambahnya.

Sehubungan dengan akan dimulainya pelaksanaan PTM, Pemerintah Kota Madiun meluncurkan program Daring Outdoor Learning sebagai langkah awal Pemkot Madiun dalam dunia pendidikan. Dengan menciptakan inovasi baru yang diterapkan, diharapkan pembelajaran dapat berjalan dengan nyaman dan aman.

Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dan untuk memperingati tanggal kelahiran serta menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara, Sang Bapak Pendidikan Nasional. @Limad