LENSAINDONESIA.COM: Komunitas Cinta Surabaya (KCS) membagikan makan sahur Ramadhan kepada keluarga pasien di Rumah Sakit dr Soewandi, Minggu (02/05/2021) dini hari.

Sedikitnya 150 paket makan sahur yang dibagikan oleh komunitas yang didirikan atas dasar menjaga kerukunan antar umat beragama tersebut.

Selain berbagai dengan pasien RS Soewandi, KCS juga membuat dapur umum di Jl Arjuno untuk sahur bersama dengan masyarakat sekitar.

Diana Wakil Ketua KCS mengatakan, kegiatan sosial seperti sahur bersama ini sudah menjadi agenda rutin bagi Komunitas Cinta Surabaya yang didirikan 2 tahun lalu. “Ini (kegiatan sosial) sudah menjadi agenda rutin kami, untuk berbagi kepada sesama,” ungkapnya di sela berbagai makan sahur.

lalu kegitan sosial tersebut sudah menjadi agenda rutin.” Ini sudah menjadi agenda rutin kami, untuk berbagi kepada sesama di bulan Ramadhan,” ungkapnya di sela kegiatan.

Selain berbagi sahur pada masyarakat musliam yang akan menjalankan ibadah puasa, KCS juga membuat kegiatan sosial bagi pemeluk agama lain.

“KCS ini berdiri atas keberagaman agama dan persatuan dengan dasar kebhinekaan, jadi kami juga memberikan santunan bagi pemeluk agama lainnya saat akan menjalan hari keagamaan,” ungkapnya.

Bakti sosial KCS ini lebih mengutamakan berbagi pada anak-anak yatim piatu dan orang lanjut usia (Lansia) yang kurang beruntung.

“Tentunya anak yatim piatu dan lansia menjadi fokus utama kami yang mendapat bantuan, karena mereka yang berhak mendapatkan,” jelas Diana.

Bukan hanya bakti sosial di masa Ramadhan, selama pandemi COVID-19 KCS juga sudah melaksanakan program bantuan terhadap masyarakat terdampak. “Sejak COVID-19, kami telah memberikan edukasi dan bantuan terhadap masyarakat terdampak dan kedepannya, Tim Bidang sosial juga telah melakukan program bantuan,” pungkasnya.

Sementara Wahyu salah satu pengendara yang melintas di Jl Arjuno, mengaku bersyukur atas kegiatan yang dilakukan oleh KCS sehingga dirinya dapat sahur bersama masyarakat lainnya.

“Tadi saya mau pulang dan berencana mau sahur degan keluarga, tapi sampai di sini hujan dan di sini ada kegiatan sahur bersama yang dilakukan oleh teman teman KCS. Alhamdullah saya jadi tidak telat makan sahur,” ungkapnya.

Wahyu berharap, lebih banyak orang atau kelompok yang melakukan kegitan serupa, agar masyarakat yang masih dalam perjalanan dapat sahur sehingga bisa menjalankan ibadah puasa.@rofik