LENSAINDONESIA.COM: Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo Surabaya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 6 Mei 2021 nanti.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, bahwa PSEL telah siap untuk difungsikan. Semua sistem pengolahan sampah di PSEL berjalan dengan baik. Mulai boiler hingga turbin telah berjalan sebagai mana mestinya. Sehingga hanya tinggal persiapan peresmiannya oleh Presiden Jokowi.

“Semuanya sudah berjalan dengan baik. Tadi boilernya dan turbinnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah sudah berjalan seperti biasa, tadi saya juga ngecek tempat pemilihannya seperti apa, jangan sampai ada yang kurang, tapi alhamdulillah sesuai dengan apa yang ada di kontrak, sehingga ini tinggal persiapan diresmikan oleh Pak Presiden,” jelas Eri usai meninjau kesiapan PSEL Benowo, Senin (03/05/2021).

Eri menegaskan bahwa hanya beberapa hal kecil saja yang perlu diperbaiki dan tak berhubungan dengan pengolahan sampah menjadi listrik. Hal yang paling disoroti oleh Eri adalah adanya beberapa sudut PSEL yang catnya sudah terkelupas ataupun memudar sehingga perlu dilakukan pengecatan ulang.

“Semua sudah sesuai hanya saja beberapa tempat catnya ada yang terkelupas. Sehingga perlu dicat ulang. Tapi secara keseluruhan sudah sesuai harapan,” terangnya.

Menurutnya, pengolahan sampah menjadi listrik itu sudah berjalan dengan baik selama ini. Bahkan, saat ini sudah bisa menghasilkan listrik 11 megawatt dari pengolahan 1000 ton perhari. Dirinya berharap pembangunan PSEL ini akan sangat bermanfaat bagi masyrakat.

“Jadi, di dalam kontrak itu 1000 ton perhari harus bisa diolah menjadi listrik, tentu ini sangat bermanfaat bagi warga,” harapnya.@LI-13