LENSAINDONESIA.COM: Putu Arimbawa (28) warga Menganti Gresik yang viral di media sosial karena menghina pengguna masker dalam mall Surabaya, diamankan Reskrim Polsek Lakarsantri.

Pengusaha ini lalu diserahkan ke Polrestabes Surabaya dan diperiksa Unit Resmob Sat Reskrim.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Oki Ahadian, mengatakan Putu dimankan di kawasan Driyorejo, Gresik. “Dia diamankan di daerah Driyorejo. Setelah kami amankan, diinterogasi,” kata AKBP Oki, Selasa (4/5/2021).

Terkait sanksi dan hukuman, AKBP Oki mengatakan hal itu merupakan wewenang Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya. “Kewenangannya Satgas Covid-19 Surabaya ya,” ungkapnya.

AKBP Oki juga menegaskan, selain didenda Rp 150 ribu karena melanggar protokol kesehatan dengan tak mengenakan masker, Putu juga akan dikirim ke Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan kerja sosial sebagai efek jera. “Sebagai efek jera dan agar tidak ada lagi yang berbuat hal serupa,” pungkasnya.

Kepada media, Putu mengaku masih belum percaya sepenuhnya dengan virus Covid-19. “Saya masih abu-abu masalah Corona, percaya enggak percaya. Itu hanya opini saya,” ucapnya.

Putu juga mengaku aksinya mengejek pengguna masker direkam saat dirinya mengunjungi Pakuwon Mall pada Minggu (2/5/2021) lalu. Saat itu dia melepas maskernya saat akan makan

“Awalnya pakai masker, waktu di dalam saya lepas. Sebenarnya hanya iseng ingin beropini aja mengenai penggunaan masker dan protokol kesehatan,” tambahnya

Setelah berurusan dengan polisi, Putu mengaku menyesal atas ucapan yang direkam dan di upload ke media sosialnya. Menurutnya ejekan goblok dan tolol terhadap pengunjung mall yang memakai masker itu, adalah ucapan yang tidak pantas. “Saya meminta maaf kepada seluruh warga Indonesia yang sudah melihat instastory saya. Tak lupa juga kepada warga Surabaya pengguna masker yang saya sebut bodoh dan tolol,” tambahnya.

Ia berjanji, usai kejadian ini akan patuh menerapkan protokol kesehatan dan memakai masker setiap bepergian. “Sekali lagi saya minta maaf sebesar-besarnya, kepada semua masyarakat yang sudah patuh terhadap protokol kesehatan. Saya akan patuh prokes terutama menggunakan masker,” sesalnya.

Disinggung terkait dirinya akan dijebloskan di Dinas Sosial, Putu mengaku sudah siap atas resiko yang telah diperbuat. “Saya sudah siap. Dan saya akan mempertanggungjawabkan perbuatan saya,” pungkasnya.@rofik