LENSAINDONESIA.COM: Antisipasi lonjakan trafik komunikasi saat Ramadan dan Lebaran, Smartfren mengoptimasi dan meningkatkan coverage jaringan hingga 20% di seluruh wilayah Jawa Timur.

Hal ini juga sebagai langkah memenuhi kebutuhan layanan untuk pelanggan terutama di inner city (dalam kota) yang diprediksi memadat trafiknya akibat kebijakan larangan mudik tahun ini.

Wahyudiono, Regional Network Operations Head Smartfren East Java-Bali Nusra mengatakan, di wilayah perkotaan seperti halnya Surabaya akan mengalami lonjakan trafik 100 persen di momen Lebaran ini.

“Smartfren telah merampungkan optimasi jaringan dan memperluas coverage di Jawa Timur. Smartfren pun siap hadapi potensi lonjakan traffic di hari raya Idul Fitri. Bahkan jika lonjakan tersebut mencapai 100%,” tandasnya saat dikonfirmasi Lensaindonesia.com, Rabu (06/05/2021) sore.

Ia menambahkan, kenaikan trafik data khusus di Ramadan, sudah bisa dimonitor setiap pukul 20.00 hingga pukul 03.00 dini hari yang selalu nampak kenaikan trafiknya.

“Di saat Ramadan saja kenaikan trafik data Smartfren sudah melinjak hingga 20 persen. Dan kami sudah mengantisipasi jauh-jauh hari dengan mengerahkan beberapa mikro BTS (Base Transceiver Station) dan tentunya makro BTS yang tersebar di tengah kota besar coverage jaringan kami,” terangnya.

Untuk Lebaran nanti, lanjutnya, padatnya trafik tak dialami di daerah perkotaan saja. Bahkan, diprediksi destinasi mudik pun mengalami lonjakan trafik karena penggunaan data dari aplikasi atau penggunaan lain.

“Jangan dikira di perkotaan saja akan melonjak trafiknya. Justru nanti bisa jadi lonjakan trafik terjadi di lokasi destinasi mudik. Ini bukan dihitung dari penggunaan per pelanggan, namun terhitung dari penggunaan data dari aplikasi. Misalnya Skype, ininakan banyak digunakan berkomunikasi dengan keluarga yang jauh dari mereka, sebab cukup menyedot bandwith cukup lumayan,” papar Wahyudiono.

Sementara itu, Rony Putu Wijaya, Regional Head Smartfren East Java mengatakan, Smartfren sangat mengerti kebutuhan pelanggan setianya di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1442 H ini, di mana sahur merupakan momen paling ditunggu saat memulai puasa serta silaturahmi yang banyak dilakukan secara virtual.

“Untuk itu Smartfren terus berupaya memberikan produk relevan untuk seluruh kebutuhan tersebut, juga melakukan optimasi jaringan agar pelanggan bisa merasakan pengalaman berinternet yang maksimal,” ungkap Rony.

Khusus di bulan Ramadan ini, Smartfren mengajak pelanggan untuk semakin berfaedah dengan Ngonten Extra Faedah. Semua berkesempatan memenangkan hadiah menarik setiap minggunya, seperti Sepeda Limited Edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan masih banyak lagi.

Cukup buat konten berfaedah, baik dalam bentuk video maupun foto, dan mengunggahnya ke media sosial dengan mention @smartfrenworld, tag dua teman, dan cantumkan tanda pagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua

“Tak perlu menunggu! Ayo gunakan Smartfren Unlimited, buat konten penuh faedah, sebarkan lewat media sosialmu dan jalani Ramadan yang Extra Faedah untuk dirimu dan banyak orang lain,” pungkas Rony.@Eld-Licom