LENSAINDONESIA.COM: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 secara massal seperti yang dilakukan Gojek terhadap ribuan mitra pengemudi efeknya membuat konsumen semakin terlindungi dari potensi penularan virus corona.

Keamanan bagi konsumen di tengah pandemi Covid-19 merupakan hal yang utama, terlebih di jasa layanan transportasi.

“Vaksinasi akan menciptakan rasa aman bagi konsumen, karena mitra pengemudi sudah divaksinasi,” ujar Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi di Jakarta, Kamis malam (5/5/2021).

“Syukur-syukur jika konsumennya sudah vaksinasi juga, jadi klop!” sambungnya.

Lebih jauh Tulus menjelaskan bahwa vaksinasi merupakan tindak lanjut dari perlindungan kepada konsumen pengguna transportasi termasuk ojek online (ojol). Terlebih, berbagai perlengkapan dan standar dari Ojol diupayakan untuk memenuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Apalagi naik ojol kan tidak ada jarak karena berdekatan antara pengemudi dengan penumpang,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris YLKI Agus Suyatno menambahkan, vaksinasi tersebut memberi dampak positif dari sudut pandang konsumen. “Jika semua ojol tervaksinasi, artinya ada jaminan ojol tersebut sudah ada upaya perlindungan dari penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Namu demikian, Agus menekankan bahwa setiap pengemudi harus tetap disiplin menerapkan standar Prokes yang sudah terjadi selama ini.
“Vaksinasi ini salah satu sarana pencegahan. Meskipun ojol sudah divaksin, masyarakat dan ojol tetap harus laksanakan protokol kesehatan,” tuturnya.

YLKI, kata Agus, memberi apresiasi atas terealisasinya vaksinasi yang dilakukan oleh Gojek kepada para mitranya, karena setiap hari ojol bersinggungan langsung dengan konsumen.

“Saya harap tak hanya di Jakarta saja, tapi juga di daerah lain mendapatkan vaksinasi,” terangnya.

Selain itu, pemerintah juga diminta terus meningkatkan edukasi terhadap vaksinasi supaya perlindungan terhadap konsumen semakin maksimal. “Vaksinasi itu ibarat helm kendaraan, sebagai pencegahaan risiko kecelakaan,” pungkas Agus.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun