LENSAINDONESIA.COM: Jelang lebaran 2021, Polres Madiun Kota mengadakan Sosialisasi dan Soft Launching Aplikasi “Jogo Kotama” di Gedung Sunaryo, Mapolres Madiun Kota, Kamis (6/5/2021) malam.

Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H., dan dihadiri oleh Wali Kota Madiun Maidi, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, dan Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputro, beserta jajaran Forkopimda Kota Madiun. Selain itu, diikuti juga secara virtual oleh Kapolsek seluruh wilayah hukum Polres Madiun Kota.

Peresmian Soft Launching Aplikasi Jogo Kotama ditandai dengan pembunyian sirine oleh Wali Kota Madiun didampingi oleh Kapolres Madiun Kota dan jajaran Forkopimda yang hadir.

Aplikasi Jogo Kotama adalah sistem pintar untuk melayani warga Kota Madiun dalam berinteraksi dengan Polres Madiun Kota. Ini merupakan terobosan baru untuk layanan Kepolisian dalam rangka perubahan teknologi Kepolisian di Era Police 4.0 berdasarkan salah satu program prioritas dari Kapolri.

Terdapat banyak fitur canggih di aplikasi ini, antara lain :

  1. Tombol sinyal darurat (SOS) untuk pelayanan bentuk pengaduan tindak kejahatan yang sedang terjadi.
  2. Pelayanan SIM, penerbitan SKCK dan laporan kehilangan.
  3. Besuk tahanan secara online.
  4. Mengetahui perkembangan penyelidikan dan penyidikan perkara.

Aplikasi Jogo Kotama bisa diunduh oleh seluruh warga di wilayah hukum Polres Madiun Kota yang memiliki smartphone berbasis android. Sehingga, aplikasi ini bisa digunakan kapan dan dimana saja. Dengan begitu, segala bentuk pengaduan akan direspon dengan cepat oleh pihak Kepolisian.

“Yang paling kita upayakan adalah ‘Quick Response’ (respon cepat),” ujar AKBP Dewa di sela-sela sambutannya.

Polisi memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat melalui aplikasi ini.

“Karena polisi ada di genggaman masyarakat,” imbuh Dewa.

Wali Kota Madiun pun sangat mendukung program ini. Aplikasi Jogo Kotama melengkapi segala bentuk kemudahan yang disediakan pemerintah Kota Madiun untuk warganya.

“Polisi tidak dicari, tapi polisi menyanggupi,” ucap Maidi.

Bupati Madiun juga mengapresiasi peluncuran aplikasi dengan sistem quick response tersebut.

“Saya sudah sampaikan untuk seluruh desa yang ada di Kabupaten (Madiun) untuk mengunduh aplikasi ini,” ungkap Ahmad Dawami.

Bagi masyarakat yang ingin memiliki aplikasi ini, bisa download (mengunduh) di Google Play Store, tanpa tarif alias gratis. Cukup ketik “Jogo Kotama” di pencarian, selanjutnya klik download dan setelah berhasil bisa mengikuti petunjuk untuk proses registrasi. @Limad