LENSAINDONESIA.COM: Lantunan puisi dan alunan biola yang berpadu mesra dengan semburat cahaya sore, seakan mengamini dibukanya Sekolah Alam Raya Anak Nusantara “Sekar Arum” yang berada di Desa Kertobanyon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Kamis (6/5/2021).

Dalam gelar acara soft opening yang mengangkat tema “Andum Katresnan” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “berbagi kasih sayang” tersebut, dibahas secara mendalam tentang pola pendidikan di masa lalu, sebelum adanya gadget. Selain itu juga mengupas metode pengajaran tradisional yang kental dengan adat Jawa dan adab kesopanan.

“Sekolah Alam Sekar Arum ini untuk mewadahi potensi anak, dan menjadi fasilitator dalam mengasah potensi yang dimiliki, serta menjembatani antara orangtua dan anak,” ujar Amar Rafi selaku penanggung jawab sekolah alam tersebut. “Karena sekarang ini orang tua dan anak kurang komunikasi, anak lebih sering mengedepankan gadget,” tambahnya.

Rafi juga berharap, kedepannya Sekolah Alam Raya Anak Nusantara “Sekar Arum” ini dapat menjadi ruang apresiasi anak-anak muda di wilayah Madiun dan sekitarnya. @Limad