LENSAINDONESIA.COM: “Selamat siang, Pak. Tujuan kemana?” Tanya seorang petugas kepada Lensaindonesia.com.
“Selamat siang, Pak. Kami mau ke Madiun. Mohon ijin melintas,” jawab kami.
“Ini darimana dan ada keperluan apa?” Tanya petugas tersebut lagi.
“Kami dari Solo, ada tugas pekerjaan disana,”
“Ada surat tugas dan surat-surat kelengkapan yang lain?” Tanya salah seorang petugas yang lain dengan nada tegas.
“Siap, ada, Pak,” jawab kami mantap, sembari menunjukkan beberapa surat kelengkapan yang sudah kami persiapkan. Usai memeriksa surat-surat itu, petugas pun mempersilakan kami untuk melintas.

Seakan sayang untuk melewatkan sebuah momen, Lensaindonesia.com tidak serta merta melanjutkan perjalanan, namun menepikan kendaraan untuk mengabadikan situasi H-4 Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 di Pos Check Point Penyekatan antar Provinsi Cemoro Sewu, Minggu (9/5/2021) siang.

Tampak sejumlah petugas gabungan dari Polres Magetan, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan dengan sigap menghentikan kendaraan, kemudian melakukan pemeriksaan syarat dan kelengkapan para pengguna jalan yang hendak melintas di perbatasan Jawa Timur tersebut. Beberapa kendaraan, terutama yang ber plat nomor non AE diminta untuk putar balik.

Menurut data yang berhasil kami himpun di lokasi, sejak pergantian shift jaga pukul 06.00 – 12.00 WIB hari ini, tercatat telah dilakukan pemeriksaan terhadap 114 kendaraan roda dua, dengan 51 kendaraan putar balik. Selanjutnya, terdapat 80 kendaraan roda empat berpenumpang, 31 diantaranya harus putar balik. Sedangkan untuk mobil barang sebanyak 44 kendaraan, dan 8 diantaranya putar balik.

Selain itu, tercatat sebanyak 9 orang melakukan tes Rapid Antigen, dengan hasil semua negatif, kemudian diijinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Usai berbincang sesaat dengan para petugas yang tengah berjaga di Pos Penyekatan Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan tersebut, Lensaindonesia.com pun melanjutkan perjalanan ke Kota Madiun. Melewati pepohonan Gunung Lawu yang berjajar gagah, sesaat terlintas sosok para petugas tadi yang kokoh mengemban tugas demi keselamatan masyarakat di masa pandemi ini. @Limad