LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bawa kasus mutasi virus COVID-19 banyak ditemukan di Pulau Sumatera, terutama di Palembang, Sumatera Selatan.

Karena itu, menjelang libur lebaran saat ini pemerintah memperketat pemeriksaan pada arus transportasi dari Pulau Jawa ke Sumatra melalui pintuk keluar-masuk Pelabuhan Merak-Bakauheni. Masyarakat yang ingin bepergian dari dan ke Sumatera, wajib melampirkan surat bebas COVID melalui tes swab antigen.

“Mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di Sumatera, salah satu masuknya di Palembang. Sehingga bapak ibu menjaga orang yang balik lagi dari Sumatera yang masuk sini, itu kalau bisa di swab antigen, supaya kita bisa tahu,” kata Menkes, Budi Gunadi Sadikin di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (09/05/2021).

Budi tidak menjelaskan secara rinci, jumlah kasus pasien terinfeksi varian baru COVID-19 tersebut. Ia hanya mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Kata Budi, pemakaian masker sangat penting menekan laju penularan virus COVID-19. Saat di perjalanan, Budi masih melihat banyak masyarakat di sekitar Pelabuhan Merak yang tidak memakai masker.

“Masker mengurangi drastis penularan. Tadi saya pas jalan di luar, intip-intip masih banyak yang tidak masker dalam perjalanan,” terangnya.@LI-13

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun