LENSAINDONESIA.COM: Kelompok Tani (Poktan) Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Taman Lestari, Kota Madiun gelar pelatihan Aquaponik Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) skala rumahan dan pembuatan sabun cair pencuci tangan. Pelatihan tersebut diadakan di Jalan Pesanggrahan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Minggu (9/5/2021).

Suwarno yang merupakan pembudidaya Budikdamber sejak 3 Tahun yang lalu menjadi mentor dalam acara tersebut. Dan Ketua P2L Taman Lestari Kurnia Fidia Wati, memberikan arahan dalam pembuatan sabun cair untuk cuci tangan.

Para peserta yang mayoritas ibu-ibu tersebut tampak aktif dalam mengikuti pelatihan dan antusias mengajukan pertanyaan seputar Budikdamber dan pembuatan sabun tersebut.

Menurut Rini Haryanto, salah satu anggota P2L Taman Lestari menuturkan kegunaan dan mengungkapkan perasaannya tentang acara ini.

“Senang, bertambah ilmu dan tambah pengalaman serta nantinya semoga ilmu ini berguna untuk membantu menambah ekonomi keluarga,” ujar Rini.

Tujuan diadakan acara ini guna menularkan ilmu yang telah di berikan Pemerintah, agar berguna bagi masyarakat terutama anggota P2L Taman Lestari serta memberikan peluang bisnis baru di masa Pandemi.

Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari saran dari Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan (PKK) Kota Madiun Yuni Setyowati Maidi, dan Kepala Dinas Sosial Kota Madiun Heri Suwartono, S.Sos., Msi., yang telah memberikan pelatihan tentang Budikdamber dan pembuatan sabun cuci tangan yang digelar pada bulan April lalu. @Limad