LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III bagikan 37.000 paket sembako kepada warga kurang mampu di sekitar pelabuhan.

Penyaluran sembako ini tiada lain dilakukan untuk meringankan beban masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

Vice President Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu mengatakan, bantuan paket sembako iji disalurkan perseroan melalui 17 kantor pelabuhan di 17 kota. Diantaranya meliputi Surabaya, Semarang, Sampit, Kotabaru, Banyuwangi, hingga Waingapu Nusa Tenggara Timur.

“Sembako ini kami berikan secara gratis kepada masyarakat di sekitar pelabuhan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran infeksi Covid-19,” ujar Suryo di kantor pusat Pelindo III, Surabaya, Senin (10/05/2021).

Dalam pelaksanaannya, Pelindo III kerja bareng aparat daerah setempat untuk menentukan pihak-pihak yang berhak menerima bantuan tersebut. Termasuk untuk distribusi bantuan hingga ke penerima untuk menghindari adanya kerumunan.

Di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi misalnya, Pelindo III membagikan sekitar 2.500 paket sembako. Pembagian sembako meliputi 1.000 paket sembako di Desa Ketapang, 500 paket sembako di Kampung Mandar, 200 paket sembako di Kelurahan Kepatihan.

Selanjutnya 100 paket sembako di Kampung Melayu, 400 paket sembako gratis untuk tenaga kerja bongkar muat Pelabuhan Tanjung Wangi, dan 300 paket bagi masyarakat lain yang membutuhkan.

“Program ini merupakan bagian tanggung jawab sosial dan lingkungan dan secara rutin dilaksanakan untuk turut meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya mereka yang ada di lingkungan sekitar perusahaan,” tandasnya.

Selama Ramadhan tahun ini, Pelindo III juga menggelar kegiatan sosial berupa bantuan pendidikan, kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum hingga perbaikan tempat ibadah.@Rel-Licom