LENSAINDONESIA.COM: Di tengah pandemi Covid 19, segala aktifitas masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tidak terkecuali dalam menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1442 H dan juga menggema gelorakan takbir.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mempersilahkan masyarakat untuk menyelenggarakan shalat Idul Fitri 1442 H, berjamaah di Masjid, Mushala, dan lapangan atau tempat terbuka lainnya, namun dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

“Masyarakat boleh menggunakan masjid, mushala atau tempat terbuka sebagai tempat pelaksanaan shalat id, namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Bupati Mundjidah, Selasa (11/05/2021).

Dijelaskan Bupati Jombang, pelaksanaan Shalat Id di Masjid, Mushala atau tempat terbuka ini sekaligus untuk mengurai supaya Masjid dapat melaksanakan shalat Idul Fitri sesuai dengan kapasitas protokol kesehatan COVID-19 dan menghindari penumpukan jamaah di satu titik atau kerumunan.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama dan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, juga PPKM skala mikro pelaksanaan shalat idul fitri tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni dengan kapasitas 50 persen untuk zona hijau dan kuning, bila zona orange kapasitas jamaah tidak lebih dari 15 persen,” jelasnya.

Bupati Mundjidah juga menganjurkan supaya mempersiapkan peralatan ibadah dari rumah masing-masing, dan juga penggunaan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain itu, selesai melaksanakan ibadah tidak dianjurkan berkerumun, dan atau menggelar open house.

“Selesai ibadah bisa langsung kembali kerumah masing-masing, tidak dianjurkan bersalaman atau bersentuhan, pelaksanaan shalat id tetap patuh terhadap protokol kesehatan,” imbaunya.

Mengenai takbir keliling, bupati yang juga Pengasuh Ribath Al Lathifiyah Pesantren Bahrul Ulum ini menegaskan takbir keliling ditiadakan dan diganti dengan takbir di masing-masing mushala atau masjid dengan kapasitas juga dibatasi maksimal 10 persen jamaah dari kapasitas tempat ibadah.

“Takbir keliling ditiadakan, hanya dilakukan di mushalla dan masjid dengan pengeras suara internal yang ada di dalam tempat ibadah, serta tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan,” pungkasnya.@Obi

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun