LENSAINDONESIA.COM: Logo baru Madiun Kota Pendekar yang diresmikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun beberapa waktu lalu, masih menjadi pembahasan hangat di kalangan warganet Kota Madiun di media sosial. Berbagai pihak mengutarakan pendapat, dan bahkan sebagian warganet mengunggah desain logo karya mereka untuk menjadi masukan bagi Pemkot.

Meski Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun telah menjelaskan, Disbudparpora telah melakukan komunikasi dengan para tokoh Pencak Silat yang ada di Kota Madiun, sebelum melaunching logo tersebut. Kemudian hasil komunikasi tersebut, dikolaborasikan dengan ide tim kreatif desain Disbudparpora. Namun, logo yang diharapkan menjadi city branding untuk Kota Madiun itu tetap menuai banyak kritikan.

Permasalahan ini mendapat perhatian serius dari Ketua Paguyuban Pencak Silat Madiun, Drs. R. Moerdjoko Hadi Wijoyo. Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate – Pusat Madiun tersebut meminta dilakukan pengkajian ulang tentang logo baru Madiun Kota Pendekar.

“Sebaiknya itu (logo baru) dikaji ulang, dan apabila diperlukan, ya diubah sesuai dengan saran dan masukan yang ada,” tutur R. Moerdjoko saat dijumpai Lensaindonesia.com di Padepokan PSHT, Rabu (5/5/2021). “Untuk tema saya senang, dan itu sudah seperti yang kita harapkan,” tambahnya.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Disbudparpora Kota Madiun Agus Purwowidagdo, S.Sos., MM. beberapa waktu lalu, Disbudparpora akan menggelar Sarasehan Budaya guna membahas konsep yang lebih baik dan sempurna untuk logo city branding “Madiun Kota Pendekar”. Acara tersebut sedianya akan diadakan pada akhir Mei mendatang.

Sebagai informasi, logo baru Madiun Kota Pendekar tersebut menunjukkan filosofi jurus 5 Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), yang menekankan pada makna ‘Welcome’. Posisi tangan yang terbuka memberi gambaran, Kota Madiun selalu terbuka bagi semua kalangan, dan siap menjadi tuan rumah yang baik. Hal ini sangat mendukung program Pemerintah Kota Madiun yang tengah menggencarkan sektor pariwisata. @Limad