LENSAINDONESIA.COM: Komedian asal Jawa Timur HM Cheng Hoo Djadi Galajapo menerbitkan buku berjudul ‘Meniti Jalan Tasawuf: Hakikat Humor, Imam Besar Pelawak Indonesia’.

Buku tentang Djadi ini merupakan yang keanam. Uniknya, setiap buku ditulis oleh penulis yang berbeda.

“Ini buku keenam tentang diri saya yang ditulis oleh penulis yang berbeda-beda. Kali ini penulisnya adalah wartawan senior Toto Sonata,” kata Dhaji saat soft launching di Surabaya, Selasa malam (12/05/2021).

Komedian bernama asli Darmadjadi itu mengatakan, dirinya sengaja mengambil momen malam terakhir bulan Ramadhan untuk soft launching buku karena sesuai dengan temanya.

“Sekaligus untuk mengejar berkahnya bulan suci Ramadhan,” ujarnya.

Djadi mengaku sangat puas dengan buku setebal 200 halaman yang ditulis oleh Toto Sonata ini. Sebab Toto mengupas berbagai pemikiran-pemikiran Djodi yang dikemas dalam lawakan.

“Buku ini mengekspolrasi lawakan-lawakan saya,” kata pria yang lahir di Dusun Lekerejo, Desa Dadap Kuning, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, 8 Maret 1965 ini.

Sebagai penulis, Toto Sonata menegaskan buku ‘Meniti Jalan Tasawuf’, dengan menggandeng Penerbit Tankali ini, bukanlah biografi dari seorang komedian HM Cheng Hoo Djadi Galajapo.

“Saya menghindari menulis biografi beliau. Justru yang saya angkat adalah pemikiran-pemikiran dari berbagai humor yang kerap dilontarkan Cak Djadi di atas panggung saat tampil sebagai pelawak maupun pembawa acara,” kata jurnalis yang pernah menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Surat Kabar Suara Indonesia itu.

Menurut Toto, Komedian Djadi ternyata gemar membaca. “Saya lihat buku-buku bacaan di rumahnya banyak sekali yang menjadi bahan lawakannya,” katanya.

Maka melalui buku ini terungkap proses kreatif seorang komedian Djadi saat menciptakan humor-humornya sebelum dibawakan di atas panggung.

Pun awal mula menyandang nama HM Cheng Hoo Djadi Galajapo, serta menasbihkan diri sebagai Imam Besar Pelawak Indonesia juga diungkap di Buku ‘Meniti Jalan Tasawuf’ ini.@LI-13