LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri berkeliling memantau persiapan sejumlah masjid besar menjelang Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah di wilayahnya.

Seperti di Kota Mojokerto, Khofifah turun dan memantau langsung persiapan Masjid Al-Fattah yang terletak di sekitar Alun-Alun Kota Mojokerto, Selasa (12/05/2021).

Orang nomor satu di Jatim ini meminta agar Panitia Pelaksana Sholat Idul Fitri mengatur agar masyarakat menerapkan betul protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

“Mulai jumlah jamaahnya, proses masuk ke masjid, disediakan tempat menyimpan sandal atau sepatu itu penting dan dibawa masing-masing ke samping shaf mereka,” kata Gubernur Khofifah.

Pola-pola ini, lanjut Khofifah, diharapkan agar Sholat Id bisa terjaga, khidmat, khusyuk dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Terlebih di setiap masjid-masjid saat ini telah memberikan penanda di setiap shaf, mana yang boleh ditempati dan tidak.

“Tolong ini semua dipatuhi. Semua harus melakukan kewaspadaan berlapis. Ini merupakan perlindungan dan kebaikan untuk masyarakat,” tegasnya.

Meski demikian, pihaknya juga tetap mengimbau masyarakat yang ingin melaksanakan Sholat Id agar tidak mencari masjid yang jauh-jauh, cukup di sekitar tempat tinggal saja.

Gubernur yang didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo dan Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dalam kunjungannya ini juga disambut oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari serta Ketua Takmir Masjid Al-Fattah Kota Mojokerto KH Soleh.

Saat awal masuk, Ketua Takmir Masjid KH Sholeh juga sempat memaparkan sejumlah peraturan dan tata cara masyarakat memasuki masjid dengan Prokes COVID-19 yang ketat.

Sementara Wali Kota Ika juga mengungkapkan bawha di wilayahnya total rukun tetangga (RT) ada sebanyak 681 RT. Dari jumlah itu sebanyak 666 RT telah dikategorikan masuk zona hijau, sedangkan sisanya 15 RT masih dikategorikan zona kuning.

Selain ke Mojokerto, Khofifah juga menyempatkan meninjau persiapan pelaksaan Sholat di di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).@sarifa

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun